Nov 30, 2016

Manfaat Dahsyat Buah Jeruk Lemon Yang Perlu Diketahui

Posted by on Nov 30, 2016

Haloooo...!!! Sobat Blogger

Dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi tentang manfaat minum air lemon hangat. Saya senang banget bahas tentang topik kesehatan, kenapa? karena budaya hidup sehat belum banyak di terapkan oleh masyarakat Indonesia. Saya juga tidak munafik, kalau saya pun jarang menerapkan budaya hidup sehat... Maka dari itu, saya berkeinginan untuk mulai berbudaya hidup sehat. Saya mengawalinya dengan mengatur pola makan saya, pagi hari minum air hangat dan makan buah.

Kembali ke topik awal, beberapa waktu lalu saat kolesterol saya kambuh teman satu kantor memberi tahu untuk rutin tiap pagi minum air lemon. Saran tersebut tidak serta merta saya lakukan, karena pas dikasih saran saya langsung cari jeruk lemon itu kaya apa....dan..... harganya bro.... muaahaaalll...!!!! Awalnya saya gak terus beli, tapi selang beberapa minggu saya berpikir alangkah bagusnya di coba dulu, demi kesehatan gak masalah saya beli jeruk lemon yang lumayan mahal harga per kilo nya.

Memang... setelah beberapa hari rutin meminumnya saya merasakan ada perubahan terutama kebugaran pada fisik saya. Terus saya cari di internet tentang manfaat dari buah lemon... woowww... ternyata manfaatnya memang segudang.

Baca Juga : Manfaat Minum Air Putih Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Menurut pakar nutrisi dr. Mike Rousell, Ph.D (sumber info: www.doktersehat.com) untuk mendapatkan tubuh kita sehat bugar kita harus memperhatikan makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap harinya. Beliau pun menyarakan untuk minum air lemon hangat guna menjaga vitalitas tubuh kita. Menurut beliau, minum air lemon hangat di pagi hari dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Buah lemon ternyata memiliki kemampuan yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, khususnya dalam melakukan detoksifikasi atau mengeluarkan dan menetralkan racun dalam tubuh kita. Pada buah lemon terdapat kandungan yang disebut dengan D-Limonene yang bisa membuat tubuh terangsang untuk mengaktifkan enzim-enzim pada organ liver yang memang memiliki kemampuan untuk melakukan detok alami pada tubuh. Jika enzim-enzim tersebut aktif, maka tubuh kita semakin sehat-kan bro...sis....!!!!


Cara Mengkonsumsi Jeruk Lemon Yang Benar

Kebanyakan orang minum jeruk lemon dalam keadaan dingin. Perlu diketahui, bahwa dalam keadaan dingin kurang berkhasiat. Berikut adalah cara terbaik minum jeruk lemon:
  1. Cuci bersih jeruk lemon yang akan di minum (setiap pagi misalkan satu jeruk lemon)
  2. Iris jeruk lemon sesuai dengan selera
  3. Peraskan beberapa iris jeruk lemon ke dalam segelas air hangat (ukuran 350 ml, boleh lebih)
  4. Masukkan irisan jeruk lemon tadi ke dalam gelas berisi air hangat
  5. Biarkan terlebih dulu kurang lebih 5 menit
  6. Setelah itu, minumlah selagi masih hangat
  7. Baik diminum di pagi hari sebelum perut terisi makanan (disarankan :: jangan menambahkan gula pada saat minum air lemon)
Kenapa harus diminum dengan air hangat?
Bukan karena tidak ada alasan mengapa harus diminum dengan air hangat. Kandungan nutrisi di dalam jeruk lemon ini diserap baik dengan air hangat oleh tubuh, dan perlu di ketahui bahwa tubuh kita tidak suka minum dingin di pagi hari.... yang paling demen minum dingin di pagi hari yang punya tubuh... hehehehee....hehee.... So, jangan minum air dingin di pagi hari yaa sobat Blogger semuanya!!! Memang manfaat minum air hangat di pagi hari sangat baik untuk kesehatan (silahkan baca : Manfaat air putih hangat bagi kesehatan)

Artikel lain: Pentingnya Memahami Bahaya Kanker Serviks Bagi Wanita

Apa saja Manfaat Jeruk Lemon Bagi Kesehatan

Hasil gambar untuk DietMenurut beberapa sumber referensi kesehatan, kandungan nutrisi dalam jeruk lemon sangat banyak sekali diantaranya adalah mengandung 17 kalori, 0.6 gram protein, 0.2 gram lemak dan 5.4 gram karbohidrat (termasuk gula dan serat). Buah jeruk lemon juga mengandung banyak vitamin C, thiamin, riboflavin, vitamin B-1, vitamin B-2, vitamin B-3, vitamin B-5, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Jika Anda mengkonsumsi satu buah jeruk lemon saja dalam sehari, kebutuhan vitamin C harian Anda sudah terpenuhi. Hebat kan...!!!

Jeruk lemon tidak hanya memberi Anda vitamin C, tetapi juga bersifat alkali organisme Anda, dan kita semua tahu bagaimana ini menguntungkan. Banyak penyakit dapat dihindari jika tubuh Anda terhidrasi dan alkalized.

Fakta-fakta Yang Luar Biasa Jika Tubuh Meminum Air Lemon Hangat Di Pagi Hari

1.  Menurunkan Gejala Stroke dan Serangan Jantung :: Air Lemon jika diminum secara teratur dapat mengurangi serangan stroke. Dan jeruk lemon juga menurunkan risiko terjadinya serangan jantung karena manfaatnya yang dapat melindungi pembuluh darah dari penimbunan kolesterol.

2.  Meringankan Masalah Persendian :: Air lemon membantu dalam memerangi rasa sakit di sendi dan asam urat dengan kemampuannya untuk mencairkan asam urat. Asam ini dapat membangun di sendi sehingga menyebabkan penyakit gout.

3.  Mencegah Penyakit Kanker :: Penyakit kanker adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan mematikan. Salah satu penyebab terjadinya kanker di dalam tubuh adalah karena adanya radikal bebas yang berlebihan dan mengacaukan sistem tubuh. Buah jeruk lemon memiliki banyak antioksidan (vitamin C) yang dapat bekerja menangkal dan menetralisir radikal bebas tersebut sehingga melindungi tubuh dari terjadinya penyakit kanker.

4.  Mengurangi Asam Lambung :: air lemon hangat sangat merangsang sekresi asam lambung karena mengandung asam sitrat. Asam ini berinteraksi dengan enzim dan asam lainnya untuk pencernaan yang lebih baik.

5.  Baik Untuk Hati :: Air lemon membuat hati menghasilkan enzim dari pada minu dan makan makanan lain, karena mampu membersihkan hati. Air lemon mampu mengintensifkan pelepasan racun dari hati.

6.  Menjaga Kesehatan Kulit :: Kolagen yang merupakan salah satu zat penyusun kulit manusia dipengaruhi oleh kadar vitamin C dalam tubuh. Pembentukan kolagen akan semakin baik dan optimal bila vitamin C yang di dalam tubuh dalam jumlah yang memadai. Ini artinya, manfaat jeruk lemon yang tinggi vitamin C akan memelihara kesehatan kulit, mengurangi kerutan kulit dan meningkatkan kualitas kulit.

7.  Menstabilkan pH Tubuh :: Keseimbangan asam dan basa tubuh merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Penelitian menyatakan bahwa pH tubuh yang cenderung asam tidak baik untuk metabolisme tubuh. Salah satu manfaat jeruk lemon yang lain ialah dapat menetralisir asam berlebih dalam tubuh kita. Uniknya, jeruk lemon yang sifatnya asam akan dirubah menjadi basa ketika sampai di lambung, sehingga juga bisa dimanfaatkan untuk obat alami sakit maag. Sifat jeruk lemon yang unik ini juga bermanfaat untuk memecah batu ginjal.

8.  Mencegah Asma :: Manfaat lemon yang satu ini sangat berguna bagi mereka yang menderita asma. Risiko terjadinya asma dapat dicegah dengan konsumsi vitamin C yang mencukupi kebutuhan tubuh. Penelitian menunjukkan kelompok yang mengkonsumsi vitamin C yang cukup ternyata lebih jarang terkena serangan asma dibandingkan kelompok yang tidak mengkonsumsi vitamin C dengan teratur.

9.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh :: Makanan yang tinggi akan vitamin C (salah satu jenis antioksidan yang paling bagus) akan mengoptimalkan sistem pertahanan tubuh sehingga membantu kita agar tidak mudah terkena penyakit. Disarankan untuk mengonsumsi lemon saat kondisi tubuh terasa tidak fit, sedang banyak aktivitas fisik yang berat dan saat cuaca dingin. Selain itu juga dapat membantu menyembuhkan sakit ringan semacam flu dan pilek, namun jika sudah mengonsumsi obat, konsultasikan dahulu dengan dokter apakah boleh makan jeruk lemon pada saat itu

10.  Membentuk Sel-sel Otak dan Sistem Saraf Bayi :: Air lemon sangat bagus diminum oleh wanita hamil, karena lemon kaya akan vitamin C yang membantu kekebalan pada janin. Selain itu kandungan kalium yang tinggi pada lemon membantu pembentukan jaringan tulang bayi, dan juga pembentukan sel-sel otak dan saraf pada bayi.

11.  Mencegah Anemia :: Kekurangan zat besi dapat menyebabkan seseorang terkena anemia atau kurangnya sel darah merah. Zat besi ini berguna untuk pembentukan sel darah merah dan berasal dari makanan yang kita konsumsi. Syaratnya, zat besi yang kita konsumsi harus diserap oleh sel usus agar dapat bekerja dalam tubuh kita. Vitamin C dalam lemon yang dikonsumsi sebelum makan makanan yang kaya akan zat besi akan membantu penyerapan zat besi yang optimal. Jadi sebaiknya Anda mengkombinasikan lemon dengan makanan yang kaya akan zat besi misalnya bayam.

12.  Menangkal Radikal Bebas :: Air lemon mengandung anti oksidan yang sangat tinggi sehingga mampu melindungi dan menjaga tubuh dalam menangkal radikal bebas dan memberikan sistem kekebalan yang kuat pada tubuh

Baca juga : Cara Menyembuhkan Sakit Flu Secara Efektif MANFAAT AIR LEMON UNTUK DIET

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, ternyata buah lemon juga besar manfaatnya dalam membantu proses menseimbangkan berat badan, bahasa kerennya DIET. 

Memanfaatkan jeruk lemon untuk menurunkan berat badan sobat Blogger dapat melakukannya dengan membuat infused water dengan mencampur buah-buahan lain, atau bisa juga cukup dengan membuat minuman jeruk lemon sederharna, diiris dan dicampurkan ke dalam air tetunya air hangat biar khasiatnya maksimal.

Kenapa Air Jeruk Lemon Bisa Membantu Proses DIET???


⏩  Melancarkan Metabolisme dan Detoksifikasi Tubuh
Hasil gambar untuk Diet
Air lemon yang diminum pada pagi hari sebelum mengkonsumsi apapun sangatlah bagus untuk tubuh kita. Tentu saja air lemon yang diminum lebih baik tidak mengandung gula dan pemanis lainnya. Penelitian menyebutkan bahwa kondisi tubuh yang cenderung asam merupakan kondisi yang kurang baik untuk metabolisme tubuh. Sifat lemon yang dapat menetralisir asam ini sangat baik untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh. Selain itu lemon juga akan membantu proses detoksifikasi yaitu membantu mengeluarkan zat tidak berguna dan berbahaya dari tubuh.

⏩  Melancarkan Pencernaan
Mengkonsumsi lemon pada pagi hari baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Hal ini sangat baik terutama bagi mereka yang mengalami konstipasi. Meminum air lemon pada pagi dan saat perut kosong dapat membantu memperlancar BAB. Sistem pencernaan yang lancar penting untuk melakukan program menurunkan berat badan, hal ini karena penyerapan nutrisi makanan dapat menjadi optimal.

⏩  Mempertahankan Rasa Kenyang
Lemon mengandung suatu zat yang disebut pektin. Zat pektin ini memiliki efek untuk menahan rasa lapar dan memperlama sensasi kenyang. Meminum minuman dengan sari lemon setiap hari akan membantu Anda untuk mempertahankan porsi makan Anda. Apalagi jeruk lemon mengandung sedikit kalori dan banyak serat yang bermanfaat untuk diet.

Itulah segudang manfaat dari jeruk lemon, sungguh luar biasa khasiat dari air jeruk lemon ini. Marilah sobat Blogger kita budayakan untuk hidup sehat mulai dari sekarang. Gaya hidup sehat sangat menguntungkan bagi kita semua. Semoga artikel seputar dunia kesehatan ini bermanfaat bagi sobat Blogger semuanya dan para pengunjung blog www.herusantosa.com trimakasih.


Salam Blogger >> Sukses dan Segar-Bugar
++Heru'S++

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top