Nov 30, 2016

Segudang Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan

Posted by on Nov 30, 2016


Kesehatan ~ Banyak orang belum tahu khasiat buah dari daratan Tiongkok ini, buah kiwi baik yang hijau maupun yang gold. Terlebih manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh kita. Buah kiwi termasuk kedalam jenis buah yang mirip dengan anggur, sebab berbentuk bulat lonjong dan memiliki tekstur lembut di lidah saat dimakan. 

Dengan dua macam pilihan warna saat di belah yaitu hijau dan gold, membuat buah ini menarik saat di lihat. Selain menarik saat dilihat, ternyata buah kiwi mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Setelah kemarin saya membahas manfaat buah lemon, info kesehatan kali ini akan mengupas tentang berbagai manfaat buah kiwi. Yupzzz.... langsung aja to the point...!!!

Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan


Berikut ini beberapa manfaat dari buah kiwi, jika sobat semuatnya mengkonsumsi buah kiwi secara rutin. Manfaatnya antara lain yaitu;

  1.      Membantu pencernaan Anda dengan Enzim ~ Kiwi mentah mengandung actinidain, enzim protein-larut yang dapat membantu mencerna makanan mirip dengan papain dalam pepaya atau bromelain dalam nanas. Jadi kalau buah kiwi mahal bisa beli pepaya atau nanas untuk membantu pencernaan yaahhh....heee...!!!
  2.      Membantu Mengelola Tekanan Darah ~ Buah Kiwi tinggi tingkat kalium membantu menjaga elektrolit dalam keseimbangan dengan menangkal efek natrium. Sehingga sangat bagus dalam mengurangi tekanan darah. So... bagi sobat Blogger yang mempunyai hipertensi alangkah baiknya mengkonsumsi buah kiwi yahh...
  3.      Melindungi dari Kerusakan DNA dan Kanker ~ Sebuah studi oleh Collins, Horska dan Hotten menunjukkan bahwa kombinasi unik dari antioksidan dalam buah Kiwi membantu melindungi DNA sel dari kerusakan oksidatif. Beberapa ahli menyimpulkan ini dapat membantu mencegah kanker.
  4.      Meningkatkan Kekebalan Tubuh ~ Buah kiwi Tinggi kandungan vitamin C bersama dengan senyawa antioksidan lainnya telah terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
  5.     Mengatur Berat Badan ~ Buah Kiwi rendah Indeks glikemik dan kandungan serat yang tinggi berarti tidak akan terburu-buru membuat insulin yang kuat seperti buah lain dengan isi gula tinggi, sehingga tubuh tidak akan merespon dengan menyimpan lemak.
  6.      Meningkatkan Kesehatan Pencernaan ~ Kiwi merupakan sumber serat, hal ini untuk mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Bagi sobat Blogger yang sering sembelit-an hehehehee..... boleh tuh mengkonsumsi buah kiwi jozzz pokok.e..
  7.      Membantu Menghilangkan Racun ~ Serat fuzzy kiwi membantu mengikat dan memindahkan racun dari saluran pencernaan anda.
  8.      Membantu Memerangi Penyakit Jantung ~ Makan 2-3 buah kiwi sehari telah terbukti mengurangi potensi pembekuan darah sebesar 18% dan mengurangi trigliserida sebesar 15%. Banyak orang mengambil aspirin untuk mengurangi pembekuan darah, tetapi hal ini menyebabkan banyak efek samping termasuk peradangan dan pendarahan usus. Buah kiwi memiliki manfaat anti-pembekuan yang sama tanpa efek samping, manfaat kesehatan hanya tambahan saja!
  9.      Cocok Untuk Penderita Diabetes ~ Kiwi adalah tergolong dalam kategori 'rendah' ​​untuk indeks glikemik, yang berarti itu tidak meningkatkan gula darah dengan cepat. Ini memiliki beban glikemik dari 4 yang berarti aman bagi penderita diabetes.
  10.      Melindungi Terhadap Degenerasi Makula dan Masalah Mata Lainnya ~ Degenerasi makula adalah penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa yang lebih tua. Sebuah studi di lebih dari 110.000 pria dan wanita menunjukkan bahwa makan 3 porsi buah atau lebih per hari mengalami penurunan degenerasi makula sebesar 36%. Hal ini diduga terkait dengan tingkat tinggi kiwi yang lutein dan zeaxanthin, keduanya merupakan bahan kimia alami yang ditemukan di mata manusia. Meskipun kedua buah-buahan dan sayuran yang diteliti, efek yang sama ini tidak ditampilkan untuk sayuran.
  11.      Untuk Keseimbangan Alkaline ~ Kiwi adalah termasuk dalam kategori 'paling basa' untuk buah-buahan, yang berarti ia memiliki pasokan yang kaya mineral untuk menggantikan kelebihan asam, kebanyakan orang mengkonsumsi buah kiwi. Beberapa manfaat dari tubuh asam/basa yang seimbang untuk: kulit muda, tidur lebih nyenyak, energi fisik berlimpah, mencegah pilek, mengurangi arthritis, dan mengurangi osteoporosis.
  12.      Kesegaran Kulit ~ Kiwi merupakan sumber yang baik dari vitamin E, antioksidan yang dikenal untuk melindungi kulit dari degenerasi.
  13.      Mencegah Pembekuan Darah ~ Manfaat buah kiwi untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah pembekuan darah. Munculnya pembekuan darah sangatlah buruk bagi kondisi kesehatan tubuh kita, sebab pembekuan tersebut menyebabkan stroke dan bahkan serangan jantung
  14.      Membantu Proses Detoksifikasi ~ Detoksifikasi merupakan sebuah proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. organ yang paling dominan dalam detoks adalah hati atau liver. Untuk mengoptimalkan kinerja liver Anda dapat mengonsumsi buah kiwi.
  15.      Manfaat Buat Ibu Hamil dan Menyusui ~ Mengkonsumsi buah kiwi bermanfaat untuk proses pengoptimalan pertumbuhan janin dan membantu proses keluarnya ASI, sehingga mengkonsumsi buah kiwi ini sangat baik bagi para ibu hamil


Awas...!!! Buah Kiwi Juga Berbahaya

Tidak semua orang bisa mengkonsumsi buah kiwi ini, karena ada beberapa pantangan dalam mengkonsumsi buah ini bagi penderita tertentu. Berikut beberapa kriteria penyakit yang tidak dianjurkan mengkonsi buah kiwi ini:


Hasil gambar untuk kiwi fruitPenderita ginjal dan batu empedu: buah kiwi mengandung zat oksalat yang cukup tinggi. kandungan tersebut apabila terkonsentrasi secara berlebihan dalam tubuh akan berubah menjadi endapan kristal. Sehingga sangat tidak baik bagi kondisi ginjal dan empedu Anda.

Penderita alergi lateks: buah kiwi mengandung senyawa lateks yang cukup tinggi, sama halnya dengan kandungan lateks pada buah pepaya. Bagi Anda yang alergi dengan kandungan tersebut, saya sarankan tidak mengonsumsi buah kiwi dengan alasan apapun.

Itulah sajian informasi seputar manfaat buah kiwi bagi kesehatan, kecantikan, ibu hamil, dan menyusui. Agar semua khasiat kiwi diatas bisa Anda perolah, saya sangat menyarankan Anda konsumsi sesuai aturan atau tidak berlebihan. Sebab jika berlebihan takutnya nanti kandungan oksalat dalam buah tersebut dapat membuat munculnya batu ginjal.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi kesehatan bagi Anda. Apabila ada yang kurang jelas atau ingin menambahkan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Selamat mencoba dan merasakan khasiatnya.

Buah Kiwi mengandung sejumlah terukur oksalat, zat yang terjadi secara alami di banyak tanaman dan hewan. Ketika oksalat menjadi terlalu terkonsentrasi dalam cairan tubuh, mereka dapat mengkristal dan menimbulkan masalah kesehatan. Orang-orang dengan masalah penyakit ginjal atau kandung empedu itu harus menghindari buah kiwi. Ada banyak kontroversi tentang jumlah yang diperlukan untuk menjadi signifikan, terutama dari tanaman.

Buah Kiwi juga mengandung zat enzim yang terkait dengan latek,  buah sindrom alergi. Jika Anda memiliki alergi lateks, Anda mungkin alergi terhadap kiwi juga. Sejak pematangan buah dengan gas etilen meningkatkan zat ini, kiwi organik tidak diobati dengan gas akan memiliki senyawa penyebab alergi lebih sedikit. Memasak juga menguerangi enzim (dikutip dari beberapa referensi dan diolah sesuai gaya bahasa penulis)


Smoga artikel kesehatan ini berguna bagi sobat Blogger semuanya. Dan sobat semuanya semakin termotivasi untuk menerapkan pola hidup sehat, dan gaya hidup sehat semoga semakin berkembang di masyarakat Indonesia.


Salam Blogger >> Sukses dan Sehat-Bugar
++Heru'S++

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top