Nov 29, 2016

Yoyok Sang Teknik Mesin Peramu Spesial Sambal

Posted by on Nov 29, 2016

Hallooo sobat Blogger....

Kisah sukses berikut ini akan menceritakan kesuksesan Yoyok Heri Wahyono seorang yang pernah kuliah di jurusanTeknik UGM yang rela keluar dari jabatannya sebagai seorang manager di sebuah perusahaan di Yogyakarta untuk jadi seorang pedagang kaki lima di sekitar kampus UGM Yogyakarta.

Rasa pedas spesial dari waroeng special sambal (Waroeng SS) tidak lepas dari campur tangan Yoyok. Berawal dari kegemarannya makan sambal, menumbuhkan ide bisnis yang kreatif yaitu mendirikan sebuah warung makan yang bercirikhaskan rasa pedas. Yoyok, pria asal Boyolali-Jawa Tengah ini kemudian mendirikan sebuah warung makan yang menyajikan sambal sebagai menu utamanya, Waroeng Special Sambal (SS) namanya. Di bulan Agustus 2016 Yoyok dan teman-temannya mendirikan Waroeng SS ini.

Sesuai dengan namanya "Waroeng Special Sambal (SS)" Yoyok berkeinginan memanjakan para konsumennya dengan banyak variasi sambal yang di sajikannya. Para penggemar sambal pastinya sudah sangat kenal dengan Waroeng Special Sambal ini. Mungkin banyak diantara sobat Blogger semuanya ada yang sudah mencoba nikmatnya sajian sambal di Waroneng SS. 

Baca juga :  Rustono "Raja Tempeh" Jepang Berasal dari Indonesia, Wooowwww...!!!

Sebelum terjun langsung ke dunia usaha (warung makan) Yoyok melakukan survey dan riset terkait dengan menu yang akan disajikannya menjadi menu pilihannya nanti. Dia melakukan beberapa kali percobaan untuk resep sambalnya, uji coba pertama di lakukan kepada teman-teman kosnya, hasilnya mereka menyukai menu sambal buatan Yoyok ini. Selain itu, Yoyok juga melakukan survei ke rumah makan pecel lele, ternyata rumah makan pecel lele yang paling laris adalah yang menyajikan menu sambal paling enak.

Beranjak dari itu, Yoyok kemudian mendirikan Waroeng Special Sambal (SS) dengan 11 (sebelas) menu sambal andalannya. Waroeng SS tidak menjual menu makan seperti warung makan pada umumnya, tapi yang di jual di Waroeng SS adalah menu sambalnya. 

Di awal-awal berjalannya Waroeng Special Sambal ini, Yoyok dibantu oleh 2 orang teman dan 3 orang karyawan. Yoyok waktu itu masih turun tangan sendiri dalam proses memasak. Melihat animo masyarakat yang ternyata sangat menggemari Waroeng SS ini, hanya dalam kurung waktu satu bulan Waroeng SS sudah mendapat banyak pelanggan tetap....wuiihhhh hebattt....!!!
Lebih mengejutkan lagi, di awal bulan pertama omzet rata-rata perhari mencapai Rp 1.5 Juta gileee...bro...!!!! hasil ini mengalahkan penghasilan Yoyok saat dia menjadi manager. 

Bisnis rumah makan Yoyok makin lama makin berkembang. Dengan keyakinan penuh Yoyok membuka cabang pertamanya di daerah Condong Catur. Dari cabang pertama yang ia buka, ternyata animo masyarakat tetap tinggi dan ia berpikir lagi untuk membuka cabang lagi. Dengan patungan dari beberapa teman Yoyok membuka cabang baru lagi di daerah Seturan. Seiring berjalannya waktu, perlahan namun pasti Waroeng SS yang dulunya adalah warung tenda sekarang sudah memiliki kurang lebih 50 cabang yang tersebar di Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Salatiga, Malang, Kediri, Jabotabek, hingga ke Bali dan Sumatera.Terdapat kurang lebih 2000 karyawan dan 250 orang di manajemen dan sisanya operasional warung.

Keunggulan dari Menu Waroeng Special Sambal

Hasil gambar untuk yoyok+selera sambalPak Yoyok ketika diwawancarai oleh salah satu portal online UKM favorit saya BisnisUKM.com menceritakan bahwa  yang selama ini menjadi daya tarik bagi para konsumennya.
"Kami fokus dan konsisten di sambal, sampai saat ini kami memiliki 32 jenis sambal dengan 27 menu sambal utama, sambal-sambal tersebut merupakan sambal tradisi (sudah ada sejak dulu) kami hanya menyempurnakan dan menspesifikan kualitas bahan bakunya. Jadi tidak ada menu khusus di Waroeng SS".
Sajian menu yang dikemas dengan bahasa menarik dan gaul ini menjadi ciri khas dari Waroeng Special Sambal ini, terlihat santai, gaul dan non formal, dan terkadang terkesan lucu. Beberapa menu sambal yang ada di Waroeng SS antara lain sambal belut smack down, sambal teri geli, terasi Lombok ijo horror, sambal tomat the end, sambal gobal gabul bingung, sambal bajak teroris, dan masih banyak yang lainnya. Sementara untuk menu lauknya antara lain wader goreng, belut goreng, ayam goreng, udang goreng, nila, lele, sapi, dll. 
Menu makan di Waroeng SS memang sangat variatif, dan banyak juga menu-menu yang bisa didapatkan di warung makan lain, dan menu yang tidak ada di warung makan lainnya. Berbeda dengan rumah makan lainnya, bahan baku utama Waroeng SS diseleksi sangat ketat, ini bertujuan untuk menjaga quality makanan di waroeng SS. 

Pengembangan Bisnis Warung Spcesial Sambal

Yoyok yang saat ini menjabat sebagai Direktur Waroeng Special Sambal mengatakan bahwa SDM itu penting karena sebagai ujung tombak berkembangnya usaha Waroeng SS. Maka dari itu, untuk menunjang SDM yang berkualitas, Waroeng SS mempunyai gedung training yang khusus digunakan untuk mendidik calon-calon karyawan maupun manager Waroeng SS di seluruh Indonesia. 

Sejak satu tahun berjalan, dan saat itu lagi booming-boomingnya bisnis franchise, Yoyok mencoba untuk merambah bisnis tersebut dengan memakai brand Waroeng Special Sambal (SS). Maka untuk mendukung profesionalitas manajemen, Yoyok membangun gedung training dan latihan di jalan Kaliurang Yogyakarta. 

Guna mendapatkan SDM yang profesional, maka diperlukan penggemblengan dan training supaya mendapatkan SDM yang benar-benar berkualitas. Memang bagi Yoyok, sebagai seorang pengusaha tidak hanya sekedar mencukupi kebutuhan secara ekonomi saja tapi lebih dari itu adalah tnggung jawab yang besar untuk mensejahterakan karyawannya dan para mitra. 

Saat ini, Yoyok si Mr Huuh Haah berhasil menjadi salah satu pioneer bisnis kuliner di Indonesia. Yoyok juga berbagi pesan kepada masyakarat yang ingin menjadi seorang pengusaha seperti dirinya. 

Jika ingin menjadi pengusaha sukses, pilihlah bidang yang dekat dengan dunia kita, dalam hal ini hobi, kemudian kembangkanlah hobi tersebut; selain itu sebisa mungkin mulailah bisnis itu dari nol atau dari bagian yang sekecil-kecilnya, supaya kita bisa tahu betul perkembangan bisnis kita dari mulai embrio sampai dewasa; selanjutnya fokus dan total,” 

Waroeng Special Sambal (SS) yang dulu awalnya di bangung denga modal Rp 9 Jt, sekarang sudah ber-omzet Milyaran rupiah dalam setahunnya. Kuncinya adalah fokus dan totalitas dalam mencapai kesuksesan bisnis.

Semoga secuil kisah dari Yoyok si "Mr Huuh Haah" ini bisa membangkitkan motivasi dan inspirasi sobat Bloger semuanya. 


Salam Blogger >> Sukses dan Sehat-Bugar
 ++Heru'S++

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top