Dec 25, 2016

Sikap Adalah Cerminan Nilai Diri

Posted by on Dec 25, 2016

Sikap atau attitude merupakan sebuah hal yang kecil dalam diri seseorang. Walaupun suatu hal kecil dalam diri kita, tapi sikap mempunyai dampak yang sangat besar bagi diri seseorang. Sikap merupakan gambaran atau cerminan nilai diri kita. Sikap juga mencerminkan kualitas diri seseorang. Seorang karyawan yang memiliki sikap layaknya seorang pemimpin sebenarnya untuk mendapatkan promosi jabatan hanyalah soal waktu saja. Demikian juga halnya, jika seorang pemimpin tidak memiliki sikap layaknya seorang pemimpin, hanyak menunggu waktu saja dia untuk kehilangan jabatannya. Sikap atau attitude menunjukkan kualitas dan kelas diri seseorang.

ATTITUDE IS A LITTLE THING THAT MAKES A BIG DIFFERENCE (Winston Churchill)

Suatu hari saat santai-santai di rumah, seperti biasanya saya baca buku, maklum sudah hobi hehee... Pas kebetulan buku yang saya baca sebuah buku motivasi (salah satu buku-buku kesukaan saya) yang berjudul Everyone is #1 sebuah buku motivasi karya om Davit Setiawan, sudah dua buku saya beli dari karangan beliau, ceritanya sangat inspiratif dan memotivasi (bukan promosi yaa....). Salah satu chapter dalam buku tersebut membahas tentang sikap atau ATTITUDE. Sangat menginspirasi sekali cerita dari topik ini yang membahas tentang pentingnya sebuah sikap. Seperti yang dikatakan oleh Winston Churchill, bahwa sikap adalah sebuah hal yang kecil tapi memiliki sebuah dampak yang sangat besar, maka jangan menyepelekan pentingnya sebuah sikap dalam diri kita.

Ada sebuah kisah yang sangat menarik, yang sedikit saya ingat dari topik mengenai sikap dari buku om Davit Setiawan ini;

Ada seorang motivator terkenal dari negeri Paman Sam sana bernama Harvey Mackay yang sedang menunggu antrean taksi di bandara. Tidak lama kemudian datanglah sebuah taksi untuk menawarkan jasanya kepada pak Harvey Mackay, sebuah taksi yang kinclong. Sang sopir taksi keluar dari mobilnya, sopir tersebut berpenampilan sangat rapi dan menarik. Sang sopir dengan sikap ramahnya segera membukakan pintu untuk mempersilahkan pak Harvey masuk dan kemudian memberikan Harvey sebuah kartu nama sambil berkata, "Nama saya Wally, silahkan membaca pernyataan visi saya".

Harvey spontan langsung membaca kartu nama tersebut yang bertuliskan:
Misi Wally: "Mengantar pelanggan ke tempat tujuan dengan cepat, aman, nyaman, dan murah dalam suasana persahabatan".

Harvey terkejut membaca misi dari sopir taksi tersebut, pak Wally. Dia pun merasakan suatu hal yang sangat berbeda dari sopir taksi lainnya, memang sesuai dengan misi dari pak Willy, bersahabat dan nyaman. Harvey melihat bagian dalam taksi yang sangat bersih dan harum. Dari balik kemudi, Wally berkata kepada pak Harvey, "Maaf, apakah Anda ingin kopi? Saya punya yang biasa dan tanpa kafein." Harvey pun menjawab, "Tidak, saya ingin minuman ringan saja." Wally pun menjawab, "Tidak masalah, saya punya pendingin dengan coke biasa dan diet coke, air mineral, serta jus orange." Dengan sangat terkagum-kagum Harvey berkata, "Saya mau diet coke saja." Setelah memberikan diet coke, Wally pun berkata lagi kepada Harvey, "Jika Anda ingin membaca saya punya The Wall Street Journal, majalah Time, majalah sports dan USA Today."

"Apakah Anda selalu melayani pelangganmu seperti ini, Wally"  Tanya Harvey

Jawab Wally; "Dahulu saya suka mengeluh seperti kebanyakan sopir taksi lainnya. Kemudian saya mendengar Wayne Dyer di radio yang mengatakan bahwa ia baru saja menulis buku berjudul You'll See it When you Believe It. Wayne Dyer mengatakan bahwa jika Anda bangun dan mengharap hal buruk terjadi, maka itu hampir pasti terjadi; tapi jika Anda mengharap hal baik terjadi maka hal itu akan terjadi. Wayne Dyer juga berkata, 'Berhentilah mengeluh! Berbedalah dari pesaing Anda. Jangan menjadi seekor BEBEK! Jadilah seekor ELANG' "

Di akhir perjalanan itu Wally mendapatkan bayaran lebih dari apa yang seharusnya dia terima, bahkan ia terkejut ketika ia mengetahui siapa pelanggannya saat itu, seeorang motivator yang sangat terkenal Harvey Mackay. Dengan memberikan service yang berbeda dari sopir-sopir taksi lainnya Wally pun mendapatkan pelanggan yang loyal, salah satunya Harvey Mackay sang motivator terkenal tersebut.

Pelajaran yang bisa kita ambil

Attitude is everythhing.... sikap adalah segalanya, walaupun merupakan suatu hal yang sangat kecil tapi dampak dari sikap sungguh luar biasa sekali. Sikap mendasari semuanya, keberhasilan, kesuksesan dan kualitas diri seseorang. Albert Eindtein pernah mengatakan;
Hanya orang gila yang berharap mendapatkan hasil lebih dengan tindakan yang sama
Kata-kata tersebut sungguh menusuk namun benar adanya, banyak orang yang menginginkan hasil yang lebih tapi mereka tetap melakukan hal yang sama terus menerus. Bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan hasil yang berbeda jika kita masih menggunakan, tindakan, pikiran, kebiasaan, dan sikap yang masih sama. Jika kita mau BERUBAH kita harus melakukan perubahan, melakukan REVOLUSI terhadap diri kita, kita harus meng-upgrade kemampuan diri kita untuk mendapatkan suatu hal yang baru.

Semoga cerita ini dapat memotivasi sobat blogger semuanya, dan marilah kita berubah untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Lakukan perubahan mulai dari sekarang, tidak ada kata terlambat untuk memulai suatu hal yang baru.

Salam Blogger >> Sukses dan Sehat-Bugar
++Heru'S++

2 komentar:

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top