Jan 7, 2017

Bahaya Garam Bagi Kesehatan Tubuh!!!

Posted by on Jan 7, 2017

Siapa yang setiap hari tidak mengkonsumsi garam? Saya yakin pasti Sobat Blogger semuanya setiap hari mengkonsumsi garam, karena setiap hari kita makan sayuran yah...hehehee. Tapi perlu sobat ketahui, bahwa pemakaian garam jika tidak tepat akan berisiko bagi kesehatan. Ihhh... seyemmm... hiii... padahal setiap hari kita mengkonsumsi garam. Terus bagaimana cara pemakaian garam yang benar???!!!

Beberapa hari yang lalu, saya dapat kiriman dari W.A group keluarga pengirimnya bulek saya yang bertugas sebagai dosen di bagian kesehatan, jelas percaya to saya...hehehe... Saat dapat kiriman informasi tersebut, sontak saya kaget, biasanya kalau info-info di group jarang saya baca sampe selesai, tapi karena ini sungguh bikin penasaran lantas saya baca, dan ternyataaaa.... selama ini saya salah cara memakai garam untuk masak.

Banyak info medis yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi garam berlebihan bisa mengakibatkan penyaki tekanan darah tinggi, keropos tulang, dehidrasi dan penyakit empedu. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika kita tau bagaimana cara memanfaatkan garam yang benar. Teruss...cara yang benar dalam memakai garam bagaimana???
Kuncinya adalah:

GARAM TIDAK BOLEH DIMASAK...!!!!

Iya...itu kuncinya, garam tidak boleh DIMASAK titik tanpa koma maupun strip hehehee....!!!! INGAT tidak boleh dimasak!!!

Artikel lainnya : Manfaat air putih bagi kesehatan tubuh

Kesalahan yang sering terjadi dalam mengkonsumsi garam

Kebanyakan dari kita mungkin saat menaburkan garam dalam masakan dilakukan pada saat masakan dalam keadaan mendidih atau masih panas, hal tersebut akan menyebabkan garam menjadi racun atau lebih kerennya disebut toksik. Jika garam dimasak atau ditaburkan saat masakan masih dalam proses pemanasan atau dalam keadaan mendidih, garam akan menyebabkannya ber-asid  dan sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh kita serta mengundang berbagai penyakit.

Selain itu, jika kita menaburkan garam dalam keadaan sayuran masih panas atau mendidih kandungan yodium dalam garam malah hilang dengan percuma, padahal yodium sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Terus bagaimana cara memasak dengan menggunakan garam yang benar?

Cara benar dalam menggunakan garam saat memasak

Garam bukanlah penyebab suatu penyakit, tapi garam malah bisa menjadi obat mujarab bagi tubuh tubuh kita seandainya garam digunakan dengan cara yang benar. Begini cara yang benar dalam menggunakan garam saat memasak:

1.  Masaklah makanan yang ingin sobat masak sampai selesai. Contohnya; sayuran - masukkan garam dalam masakan apabila masakan sudah berangsur dingin atau tidak panas lagi.

2.  Ingat masakan yang dimasak harus tanpa garam, ingat tanpa garam!!!

Pada saat mau makan, sediakan garam dan taburkan diatas makanan yang ingin dimakan sesuai dengan selera masing-masing.  Perlu kita ingat, bahwa garam adalah mineral bagi tubuh kita.
Banyak amalan yang dilakukan oleh Salafus Soleh ialah dengan mengambil garam sebelum memulai makan

Garam digunakan sebagai pembuka makan dengan mengambilnya dengan ujung jari dan dimasukkan ke dalam mulut lalu baru makan hidangan yang disediakan.

Baca juga : Manfaat dahsyat buah jeruk lemon untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Ingat Garam Adalah MINERAL!!!!

Jika kita tahu cara memakai garam yang benar maka manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan kita. Mungkin terdengar aneh di telinga kita, sama saya juga merasakan aneh tapi inilah cara yang benar dalam mengkonsumsi garam. Ingat garam adalah mineral, bukan penyedap rasa yahhh mungkin kita semua memaknai garam sebagai penyedap rasa. Tapi dalam hal medis garam adalah mineral yang mengandung zat yodium dan zat yodium tersebut akan hilang jika dipanaskan. Sama halnya sayuran atau buah-buahan yang di rebus, kandungan vitamin akan banyak yang hilang.

Beberapa kelebihan jika kita mengkonsumsi garam
dengan benar adalah;

Mampu mengobati lebih dari 70 macam penyakit, antara lain darah tinggi, diabetes, tulang keropos, gondokan, migrain, kesehatan jantung serta tidak akan mengalami keadaan mati mendadak

Kesimpulannya:

Cara memakan garam yang benar adalah garam dipakai sebagai makanan pembuka hidangkan dimeja makan bukan di dapur. Berbagai penyakit yang mengkambing hitamkan garam seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, tulang keropos dan sebagainya itu disebabkan karena penggunaan garam yang salah. Karena kita sering memasak dengan menaburkan garam ke dalam masakan yang masih panas dan malah mendidih.

Oleh karena itu, perlu kita ingat bahwa memasak tidak pakai garam....Ingat garam tidak dimasak. Garam adalah mineral yang sebaiknya dihidangkan di meja makan bukan didapur yahhh. Semoga informasi kesehatan ini bermanfaat bagi sobat semuanya dan boleh dipraktikkan langsung.


Salam Blogger >> Sukses dan Sehat-Bugar
+Heru'S+

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top