Jan 23, 2017

Manfaat dan Keuntungan Ngeblog Bagi Kita Di Masa Pensiun

Posted by on Jan 23, 2017

Ngeblog atau istilah kerennya Blogging sudah menjadi aktivitas favorit bagi para penulis saat ini. Dengan adanya media blog saat ini, aktivitas menulis tidak hanya bagi mereka yang sudah menerbitkan buku, tetapi semua orang yang mempunyai hasrat untuk mencurahkan segala isi pikirannya bisa langsung menulisnya di media blog ini. Mereka bisa langsung meng-share kan tulisan mereka ke media sosial sehingga bisa di baca oleh khalayak ramai.

Blogger pemula terkadang masih bingung, ia mau menulis apa dan memakai platform blog yang mana. Di dunia blogging sudah ada nama besar yang menyediakan layanan blog cuma-cuma, antara lain Blogger, Wordpress, Weebly, dan masih banyak lainnya. Bagi para blogger, platform gratis yang sering digunakan dan banyak penggunanya adalah Blogger.Com (milik Google, Inc) dan Wordpress.Com untuk platform yang lain mempunyai penggemar sendiri yang jumlahnya belum sebanyak kedua platform tersebut. Masing-masing platform memiliki keunggulan tersendiri dan kelebihan masing-masing.


Baca Juga :  Sumber Penghaslan Perusahaan Google yang Mencapai Trilyunan

Bagi para pengguna Blog (Blogger) tentunya meresakan berbagai keuntungan dan manfaat. Setiap blogger merasakan manfaat dan keuntungan yang berbeda-beda, ini disebabkan karena tujuan dari mereka ngeblop berbeda. Ada yang sekedar ingin menulis, membuat catatan pribadi dan ada yang ingin mencari keuntungan (uang) dengan membuat blog. Terus apa saya keuntungan ngeblog? Secara pribadi ada beberapa keuntungan blogging bagi saya sendiri.

Keuntungan Ngeblog Yang Bisa Dirasakan

1.  Sebagai sarana menyalurkan hobi dan bakat

Melalui media blog, bagi sobat blogger yang hobinya nulis, ngeblog bisa dijadikan sebagai sarana penyaluran hobi dan bakat. Hobi atau bakat bisa dibagikan dengan media blog ini, lalu di share kan ke khalayak ramai. Siapa tahu nanti karya-karya kita diminati oleh orang lain dan mereka menghubungi kita untuk menjadi nara sumber atau pelatih dan sebagainya.

2.  Menjadi Terkenal

Banyak orang terkenal yang berawal dari dunia blog, contohnya aja seperti Raditya Dika, dia awalnya adalah seorang blogger. Raditya menulis kisah-kisah cerita lucunya di media blog, banyak para pembaca yang menyukai cerita-cerita lucu yang di tulis si Raditya hingga jutaan orang banyak mengunjungi blognya, hingga berdampak pada dirinya yang terkenal sampai sekarang. ini hanya satu contoh, masih banyak contoh-contoh yang lain, orang yang terkenal dari blog.

3.  Berbagi Informasi

Setiap blogger mengisi blognya sesuai dengan selera dan kemampuan atau keahlian masing-masing. Dari banyaknya topik yang ditulis, ini bisa memunculkan banyak informasi yang bisa di cari oleh para pengguna internet atau malah bisa menjadi media saling berbagi antar blogger yang satu dengan yang lainnya.

4.  Mendapatkan Banyak Teman

Jika blog kita memilik trafik atau pengunjung yang banyak, ini berdampak bagi diri kita sendiri. Selain kita terkenal, kita juga banyak teman. Bisa dari para blogger baru yang ingin belajar kepada kita, atau teman ngobrol bertukar pendapat dan informasi. Dengan media blog ini, kita bisa mendapatkan banyak teman baru, tidak hanya dari Indonesia tetapi bisa juga dari manca negara. Sobat blogger bisa mendapatkan teman yang satu hobi, sehingga saat bertukar pikiran dan pengalaman di dunia blogging akan lebih nyambung.

5.  Melatih Kemampuan Menulis

Perlu sobat blogger ketahui, bahwa Google lebih menyukai sebuah blog yang original bukan sebuah blog hasil jiplakan. Jikalau kita menulis dengan memakai beberapa referensi dari blog lain, kita cantumkan sumber referensi tersebut, hal ini masih di anggap original oleh Google. Jika sobat pingin menjadi blogger yang profesional, mulai sekarang sobat belajar untuk menulis artikel secara original tidak copy paste. Jika sobat melakukan ini, secara tidak langsung kemampuan menulis sobat blogger bisa ter-asah lagi. Mungkin, dengan media blog ini, tulisan-tulisan sobat blogger bisa dilirik oleh percetakan, siapa tau yahhh!!!

6.  Terapi Stress

Kelihatan aneh ya sobat, kok ngeblog bisa di bilang sebagai terapi stress. Ternyata begini, bagi kita yang memang hobinya ngeblog, blog bisa kita jadikan sarana sebagai tempat "curhat" entah kita lagi ada masalah atau suatu hal yang membuat kita stress kita bisa mencurahkannya di media blog ini. Penyaluran stress dengan menulis di sebuah blog malah menjadi efek positif bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Kalau kita lagi stress dan mengganggu orang lain, malah dampak negatif yang akan kita dapatkan. Maka dari itu, ngeblog bisa dijadikan tempat untuk mengurangi stress, silahkan sobat blogger coba, jika lagi ada masalah atau stress karena pekerjaan atau masalah lainnya, curhatlah dengan menuliskan di media blog.

7.  Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Banyak para blogger menetapkan tujuan utamanya dia untuk ngeblog adalah mendapatkan tambahan penghasilan. Memang tidak begitu mudah untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari blog, memang untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari blog ada beberapa cara yang dapat sobat blogger lakukan. Misalkan, sobat blogger menyediakan space kosong untuk memasang iklan, iklan ini bisa dari ikan PPC maupun iklan personal yang mengiklankan iklan mereka di blog sobat.

Selain menjadi media iklan, blog juga bisa dijadikan sebagai sarana khusus untuk mengiklankan produk pribadi sobat blogger. Sobat blogger bisa membuat landing page khusus yang berisi produk sobat blogger sendiri. Dengan cara ini, blog bisa dijadikan ladang untuk mengumpulkan pundi-pundi uang tambahan.

Artikel Lain :  Cara Ampuh Menaikkan Rangking Alexa Blog Kita

8.  Asset Pensiun

Apalagi ini, mungkin terdengar lucu yah kan yang menyediakan dana pensiun itu pemerintah bukan blog hehehee.... Di bagian poin 7 tadi sudah dikatakan bahwa dengan blog kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Contohnya blogger terkenal dari Nigeria yaitu Linda Ikeji seorang foto model yang sangat terkenal dengan blognya yang bisa menghasilkan Milyaran rupiah.

Perlu kita ketahui, Linda Ikeji membutuhkan waktu kurang lebih lima tahun untuk menjadikan blognya terkenal. Dia full time mengisi blognya kurang lebih dua tahun, dan setelah lima tahun Linda baru merasakan keuntungannya.

Kenapa saya bisa mengatakan kalau blog adalah asset kita saat pensiun nanti? Maksud dari poin ke 8 yang saya tulis ini adalah jika kita saat ini masih bekerja entah di sektor manapun, sediakan waktu luang untuk selalu mengisi blog kita sesuai dengan kemampuan. Katakanlah dalam seminggu kita mengisi 2 (dua) postingan dalam sebulan blog kita ada 8 (delapan) posting jika dalam setahun ada 96 postingan ini lumayan, blog yang ramai postingan artikelnya tidak ada yang di bawah 100 posting rata-rata lebih dari 100 posting.

Jika sobat blogger melihat isi postingan dari blog Linda Ikeji, waooooowwww, jumlah postingannya ratusan ribu sekarang. Saya pernah meluangkan waktu untuk menghitung jumlah postingan sehari-hari dari blog yang dikelola oleh Linda ini, kurang lebih rata-rata jumlah postingan di blog Linda ikeji adalah 60 s.d 100 posting perhari, gilaa ya...

Maka dari itu, kita bisa menghitung mundur berapa lama lagi kita akan pensiun, katakanlah 10 tahun lagi, maka jumlah postingan yang bisa kita siapkan utnuk 10 tahun kedepan berkisar 96 x 10 tahun kurang lebih 960 posting. Lumayan kan, tapi jika sobat bisa melakukan lebih dari itu, maka blog sobat akan =lebih cepat terkenal.

Jika rating blog sobat peringkatnya bagus, ini peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Ada banyak platform PPC yang bisa menjadikan blog kita pundi-pundi dollar. Maka dari itu, sobat blogger silahkan mulai ngeblog dengan posting yang unik dan bermanfaat serta informatif. Tidak usah minder, asal kita serius dan fokus blog sobat bisa menjadi pundi-pundi dollar.

Kesimpulan

Setiap blogger mempunyai tujuan masing-masing sebelum membuat atau menciptakan blog. Jujur saja, delapan tujuan blog yang saya tulis diatas adalah tujuan yang saya rasakan dan inginkan. Tujuan jauh dari blog yang saya tulis adalah bisa menjadikan tambahan penghasilan. Kunci supaya blog kita cepat terkenal adalah kita rutin membuat postingan, dan isinya informatif. Perlu di garis bawahi sekali lagi, tulisan harus benar-benar original, buat ciri khas sobat dalam menulis blog, saya yakin nanti lama kelamaan blog sobat mempunyai rating yang bagus. PERCAYALAH...!!!


Salam Blogger >> Sukses dan Sehat-Bugar
++Heru'S++

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top