Jan 15, 2017

Teknologi Jaringan Terbaru 5G Akan Segera Hadir!!!

Posted by on Jan 15, 2017

Para penggemar teknologi mungkin sudah mendengar akan lahirnya teknologi terbaru 5G. Ini mungkin kabar gembira bagi kita para penggemar teknologi, atau malah kabar "sedih" hehee... Kemarin habis beli HP baru yang 4G, mosok harus ganti lagi dengan HP baru yang 5G, sabar dulu kita lihat informasi yang banyak beredar di masyarakat saat ini tentang teknologi terbaru 5G ini yahhh... HP 4G nya tetep di pakai dulu hehee.... Saya aja masih pakai yang 3G.

Kabar tentang teknologi 5G sudah mencuat di masyarakat pada beberapa tahun sebelumnya, namun masyarakat belum juga menikmati teknologi 5G ini sebagai solusi internet tercepat. Banyak sumber menginformasikan bahwa teknologi 5G ini masih dalam tahap penelitian, dan kemungkinan besar jaringan internet cepat ini bisa kita nikmati nanti di tahun 2020 sobat. Jadi kita harus sabar untuk menunggu yahh.... yang masih pakai HP dengan teknologi 3G ataupun 4G bisa tarik napas lega nih.,. masih lama 2020, maka jangan ganti HP dulu, mulai sekarang nabung untuk besok beli HP dengan teknologi terbaru 5G ini okee...!!!

Artikel lain : Google akan meluncurkan dua Smartwatch terbarunya di tahun 2017

Apa itu teknologi 5G???

Kata 5G adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan generasi teknologi jaringan mobile ke lima yang akan datang nanti. Saat ini teknologi 5G tidak menunjuk ke tipe teknologi tertentu. Ini berbeda dengan generasi sebelumnya yaitu 4G yang berkaitan erat dengan LTE (Long Term Evolution), untuk saat ini belum ada standar jaringan 5G yang disepakati bersama. Namun, beberapa teknologi pendukung sudah mulai bermunculan dan merapat dengan teknologi 5G ini.

Teknologi jaringan internet cepat ini hadir dengan tujuan memfasilitasi Internet of Things (IOT) yang banyak di gagas oleh beberapa negara. IOT memungkinkan semua perangkat pintar bisa saling berkoordinasi dan bersinergi untuk melakukan koordinasi.

Apabila dibandingkan dengan teknologi sebelumnya yaitu 4G, kualitas utama dari jaringan anyar ini 5G mengunggulkan kualitas kecepatan akses internet konon katanya kecepatan akses 1000x lebih cepat dari 4G LTE. Dugaan kecepatan teknologi 5G ini beragam, teknolgi Samsung mengklaim bahwa kecepatan teknologi 5G ini sebesar 7.5 GBPS, sementara itu Nokia juga mengklaim teknologi 5G ini sebesar 10 GBPS, sedangkan tahun lalu, kecepatan 5G yang ditangani oleh University of Surrey mencapai 1 TBPS, ini sungguh luar biasa sebuah kapasitas yang sama dengan fiber optik. Ini sungguh teknologi yang sangat mengagumkan untuk jaringan nirkabel.

Namun perkiraan semua itu harus tetap diuji di lapangan, untuk memastikan lebih tepatnya lagi berapa kecepatan teknologi 5G ini. Sekitar bulan Oktober 2015 lalu, pengujian yang dilakukan oleh Huawei dari China dan NTT Docomo dari Jepang menunjukkan kecepatan yang mereka tangani mencapai 3.6 GBPS menggunakan sub band 6 GHz.

Kapan teknologi 5G ini bisa kita rasakan

Sebagian besar orang sudah tidak sabar lagi untuk segera ingin menikmati teknologi anyar ini. Apakah mereka harus menunggu sampai tahun 2020 sesuai perkiraan beberapa peneliti dan pengamat teknologi. Takehiro Nakamura dari NTT Docomo Jepang dari lokasi uji coba jaringan 5G ini mengatakan; "Rasanya tepat jika industri mobile akan dikomersilkan jaringan 5G pada tahun 2020 nanti."

Sedangkan Huawei ingin mengembangkan standar 5G ini untuk bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas nanti pada tahun 2018, meskipun rasanya mungkin belum bisa benar-benar dihadirkan pada tahun tersebut. Teknologi saat ini 4G saja belum menyeluruh dirasakan, dan bahkan banyak komentar bahwa teknologi 4G ini masih sama dengan teknologi sebelumnya 3G.

Indonesia Harus Bersiap Dengan Hadirnya Teknologi 5G

Menurut Chairman Mastel Institute Nonot Harsono yang dikutip dari portal berita online Okezone, menjelaskan bahwa teknologi 5G tidak hanya sekedar melayani industri telekomunikasi. Beliau menjelaskan bahwa dengan teknologi 5G semua perangkat dapat tersambung dengan internet.

Dengan teknologi 5G yang dirasa semakin dekat peluncurannya ini, pemerintah diharapkan menyediakan infrastruktur yang memadai disetiap daerah. Ketersediaan infrastruktur ini mutlak diperlukan agar jaringan 5G dapat berjalan optimal dan mampu dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan masyarakat Indonesia.

Sementara itu, dikutip dari situs resmi Kominfo, Rabu (21 Desember 2016) Menkominfo Bapak Rudiantara mengatakan bahwa jaringan 5G diprediksikan baru selesai pada tahun 2020 nanti. Maka dari itu untuk bisa menuju environment 5G, Indonesia harus bisa menata jaringan kabel fiber optik. Ini diupayakan untuk menghadapi kesiapan datangnya teknologi 5G.

Baca juga : Kehebatan Samsung S7 Active yang tahan banting dan radiasi sinar matahari

Kesimpulan

Teknologi 5G ini sangat getol diuji coba di beberapa negara terutama uni Eropa dan Korea Selatan. Uni Eropa sampai menganggarkan dana $600 juta untuk pengembangan teknologi 5G ini. Keuntungan penggunaan spektrum berkategori ultra-high dalam teknologi 5G ini adalah cakupan yang jauh lebih luas, sehingga dapat mengakomodir paket data yang lebih banyak dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Jaringan 5G dijanjikan mempunyai koneksi data super kencang. Mengalahkan kecepatan jaringan 4G saat ini, film definisi tinggi berdurasi 1 jam bisa di download selama 6 menit dalam jaringan 4G, tapi di jaringan 5G film berdurasi 1 jam bisa di download hanya dalam waktu 6 detik saja, sungguh teknologi yang luar biasa sekali. 

Diharapkan Indonesia bisa menyiapkan diri untuk kedatangan teknologi 5G ini. Dengan hadirnya teknologi 5G ini diharapkan dapat diakses di seluruh kalangan Indonesia, dari Sabang sampai Merauke bisa merasakan akses internet cepat ini, selain itu semoga dengan hadirnya teknologi 5G ini bisa membantu memperbaiki pelayanan publik.



Salam Blogger >> Sukses dan Sehat-Bugar
++Heru'S++

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top