Feb 17, 2017

20 Teknologi Canggih yang Trend di Era Digital Saat Ini

Posted by on Feb 17, 2017

Teknologi - Di era digital ini, perkembangan teknologi semakin pesat dan bersaing. Tentunya, perkembangan teknologi ini semakin menarik untuk diikuti. Berbagai perkembangan teknologi baru semakin membuat kita terkagum.

Berbagai macam bentuk perkembangan teknologi di era digital ini membuat kita tertarik untuk memilikinya, jika saat ini belum bisa memilikinya, setidaknya melihat secara langsung sudah mengobati rasa penasaran dalam diri kita, mungkin sobat Blogger juga begitu.

Trend Teknologi di Era Digital Saat Ini

Apa saja sih perkembangan teknologi di era digital saat ini yang ngetrend dan sudah berkembang di sekitar lingkungan kita. Berikut ini 20 jenis perkembangan teknologi di era digital saat ini:

20.  Blockchain



Blockchain adalah sebuah buku besar yang dapat diakses oleh semua orang tanpa terkecuali. Blockchain menunjukkan semua data transaksi yang terjadi di dalam jaringan Bitcoin maupun E-Dinar (sebuah mata uang crypto yang saat ini banyak digemari di kalangan para netter).

Teknologi ke depan blockchain akan menggabungkan proses yang beragam termasuk middleware, database, keamanan, analisis/AI, managemen moneter dan identitas. Jadi dengan teknolgi blockchain ini memudahkan kita dalam bertransaksi dan tanpa ada gangguan inflasi, dan tentunya dengan teknologi blockchain ini tentunya transaksi kita sangat aman.

19.  Advanced Machine Learning and AI


Machine Learning merupakan cabang lanjutan dari Artificial Intelligent (AI), yang mencakup sistem lebih canggih seperti mampu memahami, mempelajari, memprediksi, beradaptasi, dan berpotensi beroperasi secara mandiri. 

Machine learning ini diprediksi mampu mengubah perilaku masa depan, yang mengarah pada penciptaan perangkat dan program yang lebih cerdas. Gartner memprediksi AI dan Machine Learning akan lebih banyak digunakan pada robot, kendaraan mandiri, elektronik untuk konsumen, virtual personal assistants, dan smart advisors.

18.  Quantum Teleporter


Quantum Teleporter telah berhasil pada objek yang lebih kecil berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. "Kami bisa melakukan ekesperimen quantum teleportation untuk pertama kalinya di luar laboratorium universitas," kata Rupert Ursin, peneliti Institute if Experimental Physics, Universitas Vienna, Austria.

Baca Juga : Teknologi Jaringan Terbaru 5G Akan Segera Hadir - Solusi Internet Cepat

Pada Q-Teleportation, quantum pada objek dihancurkan dan dibuat kembali. Oleh karena itu, Q-Teleportation tidak bisa memindahkan benda hidup maupun mati secara keseluruhan fisik. Alat ini "menciptakan" replika benda sebelumnya pada posisi di tempat lain dan benda sebelumnya akan "menghilang" selama replikanya diciptakan.
sumber: National Geographic

17.  Intelligent Apps


Contoh dari Intelligent Apps adalah virtual asisten yang akan membuat hidup kita lebih mudah. Bahkan Gartner memperkirakan bahwa asisten masa depan berpotensi mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan tugas sehari-hari. Dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, setiap aplikasi dan layanan akan menggunakan beberapa jenis AI.

16.  Intelligent Things 


Intelligent Things umumnya akan diterapkan di perangkat seperti drone, kendaraan mandiri, dan smart appliances. Seperti halnya Intelligent Apps, Intelligent Things juga mengandalkan AI dan Advanced Machine Learning. Berbagai perangkat dan peralatan cerdas bakal terus bermunculan dan semakin populer.

15.  360º 3-D Holographic Displays
 


ZCam™ merupakan kamera video yang bisa merekam informasi hingga ke dalam bagian objek (yang biasa digunakan untuk membuat model 3D) video dan kemudian diproduksi oleh 3DV Systems. Teknologi ini berbasiskan prinsip "Time of Flight".

Pada teknik ini, data ukuran 3D didapatkan dengan cara mengirim gelombang infra merah ke dalam scene video dan mendeteksi cahaya yang direfleksikan oleh permukaan objek pada scene video. Dengan menggunakan variabel waktu yang ditempuh oleh gelombang infra merah untuk mencapai objek target dan saat kembali, jarak bisa dihitung dan kemudian digunakan untuk membuat informasi 3D dari semua objek pada scene.

14.  Lightsaber (Pedang Laser)


Pedang laser ini hanyalah hasil "karya: pada film-film sains fiksi belaka!! Lightsaber terdiri dari logam dan mata pedang berupa plasma sepanjang 1 meter. Lightsaber ini bisa memotong objek tanpa perlawanan sedikitpun. Bisa meninggalkan luka bakar pada kulit manusia. Tapi pedang ini bisa ditangkis, namun dengan pedang lightsaber pula, bisa juga ditangkis dengan perisai.

13.  VR dan AR




Teknologi hebat dan canggih ini VR dan AR ibaratnya baru saja terlahir. Jadi wajar saja, jika pengalaman menggunakan teknologi Virtual Reality maupun Augmented Reality belum maksimal. Gartner memperkirakan bahwa kedua teknologi tersebut akan terus berkembang dan puncaknya tahun 2021 mendatang.

Artikel lain :  Google Akan Luncurkan Dua Smartwach Baru dan Canggih

Industri teknologi VR (Virtual Reallity) tahun ini sedang ramai-ramainya untuk diperbincangkan, persaingan sangat terasa dalam pembuatan perangkat VR yang aman dan nyaman untuk pengguna setianya. Dalam jajaran produsen VR yang sedang populer saat ini ialah Oculus Rift, HTC Vive, Google Cardboard, dan Playstation VR.

12.  Digital Twin


Digital Twin mengacu pada software yang lebih dinamis, baik dari hal fisik maupun sistemnya. Digital Twin akan menggunakan data yang disediakan oleh sensor untuk memahami keadaan, merespon perubahan, meningkatkan operasi, dan menambah nilai. Mereka akan digunakan untuk perencanaan jasa dan memperbaiki peralatan untuk operasi pabrik, dan meningkatkan efisiensi. Mereka akan menggantikan kombinasi sumber daya manusia yang terampil dan perangkat monitoring tradisional.

11.  Mesh App and Service Architecture


Tim aplikasi harus membuat arsitektur modern yang baru untuk memberikan kinerja aplikasi yang gesit, fleksibel, dan dinamis untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Dalam hal ini, Mesh App and Service Architecture ada untuk menyeimbangkan permintaan dan stabilitas layanan.

Untuk menyeimbangkan permintaan dan stabilitas layanan sebuah perangkat teknologi, maka dibutuhkan Mesh App and Service Architecture. Dengan menggunakan teknologi canggih ini, tim aplikasi bisa membuat arsitektur modern yang baru untuk memberikan kinerja aplikasi yang gesit, fleksibel, dan dinamis. Dengan begitu, maka pengalaman yang lebih baik bisa dinikmati oleh oleh para pengguna perangkat teknologi dan aplikasi tersebut.

10.  Digital Tecknology Platform



Digital Technology Platforms ibaratnya pondasi bangunan dalam bisnis digital. Setiap organisasi pasti memiliki 5 fokus utama, yakni information systems, customer experience, analytics and intelligence, IoT, dan business ecosystems. Perusahaan harus mengidentifikasi bagaimana platform industri akan berkembang dan merencanakan cara untuk mengembangkan platform mereka guna memenuhi tantangan bisnis digital.

9.  Adaptive Security Architecture


Perkembangan IoT dan teknologi cerdas lainnya, tentunya harus diimbangi dengan sistem keamanan baru dan keamanan di lingkungan IoT adalah merupakan tantangan besar. Tim keamanan harus menciptakan solusi karena semua hal bakal berhubungan satu sama lain.

8.  Conversational System


Conversational System yang dapat disebut dengan chatbot ini, juga mengimplementasi kecerdasan buatan/AI dalam lingkup memproses bahasa alami atau natural language processing. Di masa depan, chatbot akan semakin banyak diadopsi. 

Chatbot sendiri merupakan sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasi sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan visual.

7.  Aeromobil (Mobil Terbang)



Teknologi terkini yang sudah diuji coba dan akan di kembangkan di tahun 2017 ini adalah Aeromobil atau mobil terbang. Aeromobil merupakan perpaduan antara teknologi pesawat terbang dengan teknologi kendaraan roda empat (mobil), jadi fungsinya hampir sama dengan tank amfibi yang bisa di darat dan di laut. 

Namun untuk aeromobil bisa di darat dan di udara, perpaduan mobil dan pesawat ini melahirkan mobil dengan tampilan yang mewah dan fungsi yang bisa dibawa kemana saja tanpa harus takut terjebak macet. Teknologi aeromobil ini masih diuji coba dan dikembangkan untuk kemudian baru dipasarkan secara komersial ke masyarakat umum. Kita tunggu saja perkembangan berikutnya untuk teknologi aeromobil ini.


Artikel lain :  Hebatnya Samsung S7 Active yang Tahan Banting

Menurut CEO dari aeromobil, Juraj Vaculik, pihaknya mengatakan bergerak cepat dalam memproduksi dan memasarkan inovasinya tersebut. Dalam wawancara Jurac dengan wartawan CNBC, ia mengatakan jika pada tahun 2017 ini perusahaan aeromobilnya dipastikan sudah bisa mengudara dan siap dipasarkan.
Perpaduan antara mobil dan pesawat ini juga menghasilkan kombinasi yang menarik dengan teknologi canggih yang ada di mobil dan pesawat, dilengkapi dengan sistem aviasi dan auto pilot kendaraan masa depan ini bakalan menjadi primadona. Selain itu, aeromobil juga dilengkapi dengan peredam kejut untuk melakukan take off dan pendaratan di medan kasar.
6.  Mobil Otonom atau Mobil Tanpa Pengemudi



Mobil tanpa pengemudi sebelumnya sudah diproduksi pada tahun 2016, namun masih dalam tahap uji coba dan akan diproduksi dalam jumlah terbatas. Menurut Boston Consuling Group, teknologi mobil otonom atau tanpa pengemudi, akan mulai menjamur di tahun 2017 dan akan memenuhi perjalanan seluruh kota pada tahun 2040.

Masa depan manusia akan semakin lebih mudah bukan, jika kita masih hidup sampai tahun 2040 maka tidak menutup kemungkinan kita bisa naik mobil sendirian sambil ditinggal tidur, karena mobil sudah bisa berjalan sendiri secara otomatis tanpa harus kita kemudikan. Selain itu masa depan kita juga tidak perlu lagi menggunakan SIM sebagai syarat mengemudi.

5.  Helolens


Sepanjang tahun 2015, Microsoft sedang mengembangkan teknologi hololens. Teknologi ini adalah kebalikan dari virtual reality. Kalau virtual reality akan membawa kita ke dunia imajinasi, sementara hololens akan membaya imajinasi ke dunia nyata. Dengan memakai perangkat seperti kacamata, segala sesuatu akan tampil di hadapan kita dalam bentuk hologram. 

Kita dapat melihat semua benda melayang di udara. Bahkan, kita bisa menonton film tanpa perangkat pemutar film. Anda hanya perlu duduk manis menggunakan perangkat hololens dan layar akan tampil di hadapan kita secara hologram. 


4.  Jet Pack 

Teknologi terbaru dan tercanggih ini juga biasa kita lihat di dalam film atau dunia game yang bersifat fiksi. Jet Pack ini menjadi salah satu teknologi canggih pada film yang diwujudkan di dunia nyata. Alat ini mampu membuat manusia terbang secara individu dengan menggunakan mesin jet dan bahan bakar berupa gas. Segala uji coba jet pack ini masih terus dilakukan hingga akhir tahun 2016 lalu dan sampai sekarang.

Jet Pack ini diproduksi oleh perusahaan TAM, yang merupakan perusahaan pertama dan satu-satunya di dunia yang telah memproduksi alat canggih ini. Perusahaan tersebut memproduksi Jet Pack dengan paket lengkap berupa kostum yang di desain oleh Rocket Belt.

Jet Pack dibuat dari material aerospace yang dilengkapi dengan mesin penyulingan khusus. Mesin berfungsi untuk memproduksi bahan bakar hydrogen peroksida. Alat ini bisa terbang hingga ketinggian 1.000 meter di atas permuakaan laut dan bertahan di udara selama 30 menit. Bukan hanya itu kecepatannya pun mencapai 120 Km/jam. Konon jet pack ini di banderol dengan harga antara Rp 2 Milyar - Rp 5 Milyar, sungguh harga yang sangat fantastis bukan.

3.  Cybertecture Mirror (Cermin layar sentuh)


Saat ini begitu banyak tersedia produk dengan konsep layar sentuh (Touchscreen), namun untuk produk Cybertecture Mirror yang satu ini benar-benar mengagumkan. Sebuah perusahaan yang berpusat di Hong Kong memperkenalkan produk cermin revolusioner yang memiliki tampilan program aplikasi digital dan dilengkapi dengan speaker stereo, WiFi, IP41 waterproofing, dan beragam lainnya.

Cybertecture Mirror dapat digunakan dalam mode aktif atau pasif dan dapat dikendalikan melalui remote control dan / atau smartphone. Cermin ajaib ini di banderol kira-kira seharga US $ 7.733 ini benar-benar bagaikan seorang asisten pribadi. Ia dapat memberikan informasi penting, memantau kesehatan Anda melalui sebuah pad sensor, dan bahkan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan komputer dan ponsel.

2.  Quantum Computer (Komputer Kuantum)


Bayangkan jika sebuah komputer masa depan, memiliki kecepatannya ribuan kali lebih cepat dari super komputer tercepat sekarang ini. Ribuan kali lebih cepat dan efisien produksi dari IBM ”Roadrunner” di Los Alamos yang kecepatannya mencapai 1.7 petaflops (1 petaflop = 10^15 operasi per detik). Inilah kedahsyatan Quantum Computer. Kedahsyatan komputer ini karena diciptakan memakai fenomena keajaiban dunia kuantum, yaitu Superposition dan Quantum Entanglement.

Dalam pemecahan kode misalnya (kriptografi), untuk memecahkan kode yang digitnya sampai 140, komputer biasa akan memerlukan waktu milyaran tahun untuk memecahkannya. Tapi dengan komputer kuantum, ini bisa dipecahkan hanya dalam waktu beberapa puluh menit saja.

Dengan komputer ini manusia juga akan bisa memprediksikan cuaca di bumi dan gejala-gejala alam lain yang sangat kompleks dengan sangat akurat berbulan-bulan sebelumnya, seperti gempa bumi dan tornado. Dan tentu saja ini akan makin merevolusikan lagi kecepatan pengembangan seluruh teknologi canggih yang ada sekarang.


1.  Scramjet Hiper-Sonic




Scramjet akan menjadi salahsatu revolusi terbesar dalam sejarah transportasi dunia. Pesawat tempur tercanggih di dunia sekarang, F/A-22 Raptor milik Amerika berkecepatan maksimal Mach 2, atau 2 kali kecepatan suara. Pesawat penumpang Scramjet, akan membawa anda terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara, Mach 10. Penerbangan dari New York ke Tokyo yang sekarang ditempuh dalam waktu 18 jam yang panjang dan melelahkan, akan ditempuh Scramjet, hanya dalam 120 menit.

Scramjet tidak perlu memakai bahan bakar roket biasa yang mahal dan berat, bahan bakarnya menggunakan hidrogen cair yang dicampur penyedotan oksigen langsung dari atmosfer (air-breathing scramjet engine). Pembakaran hidrogen dan oksigen pada kecepatan supersonik inilah yang akan mengakselerasikan kecepatannya. Ini akan membuat penerbangan dari satu tempat ke tempat lain di seluruh dunia menjadi super cepat.

Kesimpulan:

Itulah 20 teknologi yang akan mendominasi di era digital ini, sobat Blogger bisa menyaksikan sendiri kedahsyatan teknologi ini dari saat ini sampai beberapa tahun kedepan nanti. Ini sangat menginspirasi sekali bagi kita manusia di planet bumi ini. Kecanggihan-kecanggihan teknologi yang diciptakan oleh manusia akan memudahkan kita sebagai makhluk bumi untuk hidup, berinteraksi dan bertransaksi di planet ini.

Segala teknologi diciptakan begitu mudahnya, disajikan cepat, efisien dan efektif untuk menunjang kehidupan manusia di muka bumi ini. Maka dari itu kita sebagai manusia harus memperlakukan teknologi maju ini secara bijaksana, kita manfaatkan perkembangan teknologi ini dengan positif. Semoga artikel ini menginspirasi bagi sobat blogger dan kita semua. 

Salam Blogger >> Sukses dan Sehat-Bugar
++ Heru'S ++

4 komentar:

  1. Wah... pingin punya mobil otonomnya nich hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh....sama boss...hehehehe
      Moga cepet sampai di Indonesia mobilnya ya! Nanti kalau udah beli jangan lupa kontak ane ya boss

      Delete
  2. Teknologi android kok ga masuk gan ? padahal siapa yang ga tau android. nokia aja yang sempet kontra sama android sekarang udah pakai, bahkan produk sekelas nokia aja ngeluarin nokia dengan OS android yang harganya sama kaya hp cina yang murah meriah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelumnya trimakasih sudah mengunjungi blog saya. Trimakasih juga untuk masukannya, nanti akan saya tambahkan untuk teknologi android ini.

      Delete

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top