Jun 19, 2017

Cara Menulis Artikel yang Bagus dan Benar Dalam Blog

Posted by on Jun 19, 2017

Menulis sebuah artikel dalam blog bisa dibilang gampang-gampang susah. Hal ini berbeda dengan menulis artikel di sebuah surat kabar, majalah atau jurnal ilmiah.

Perbedaannya adalah dalam segi bahasa masih bisa dibilang lebih bebas menulis artikel di blog, bisa pakai bahasa santai kita sehari-hari, ini gampangnya heheee...

Susahnya adalah kadang para blogger menulis tidak sesuai dengan passionnya sehingga banyak yang bilang susah belum lagi banyak macem strategi supaya terindeks cepat di mesin pencari Google.

Sobat blogger semuanya, sebenarnya ada beberapa trik cara menulis artikel yang bagus dan benar dalam blog. Cuman terkadang kita tidak terlalu memperhatikannya.

Disini saya hanya berbagi cara menulis artikel sederhana dalam sebuah blog. Trik ini sering saya gunakan untuk menulis setiap artikel di dalam blog saya ini.

Pertama ~ Menentukan Topik Artikel

Tentukan terlebih dahulu topik artikel yang akan sobat blogger tulis. Misalkan artikel saya ini tentang "Cara menulis artikel yang bagus dan benar dalam blog" awalnya saya menentukan topik seputar tips menulis artikel di dalam sebuah blog, dan kemudian saya tentukan judulnya dengan bantuan goggle alias googling.

Ini saya lakukan untuk mengetahui seberapa banyak orang yang googling dengan kata kunci judul yang saya tulis. Selebihnya akan saya bahas di bagian kedua.

Carilah topik yang lagi nge-boom, bisa sobat cari lewat google trend atau berita populer di facebook dan sebagainya. Teknik SEO jaman dulu sudah tidak terlalu banyak diperlukan lagi seperti panjang artikel minimal 300-500 kata, bold, underline, italic di setiap keyword, keyword di judul, paragraf pertama dan terakhir, keyword di meta description, keyword di meta tag dan sebagainya. Semua ini sudah tidak terlalu di butuhkan lagi.

Baca juga : Cara Download Video Youtube Paling Cepat

Di era SEO modern saat ini, google membaca perilaku manusia maksudnya adalah google lebih memilih menempatkan artikel yang lebih sering dibaca pengunjung dan menjadi viral. Intinya adalah;
Artikel yang Human-Friendly berarti juga SEO-Friendly

Tapi tidak menutup kemungkinan juga, sobat blogger bisa melakukan mix antara penulisan artikel dengan teknik SEO lama dan modern.

Kedua ~ Menentukan Judul Artikel

Dalam menentukan judul artikel ini adalah kuncinya. Lho kok bisa? Ya...jelas bisa coba jika sobat blogger Googling yang muncul terlebih dahulu apa? Judul artikelnya. Silahkan sobat blogger perhatikan gambar di bawah ini:


Dalam menentukan judul yang sering saya lakukan adalah mengetik dulu "kata kunci" judul yang akan saya pakai di Google, contoh seperti gambar diatas. Jika sobat blogger perhatikan, yang muncul dalam mesin pencari adalah judul artikel.

Awalnya saya ketik judul artikel; "Cara menulis artikel yang baik dan benar" tapi jumlah pencarinya lebih sedikit

Silahkan sobat blogger perhatikan, hanya beda frase kata kunci bagus dan baik selisih jumlah orang yang mencari cukup lumayan bukan.

Frase kata kunci baik yang mencari hanya 600 ribu orang per 0.57 detik, berbeda dengan frase kata kunci bagus yang mencari 2.86 juta per 0.38 detik, sangat lumayan bukan selisihnya.

Jika saya suruh pilih, kira-kira peluang mana yang akan sobat blogger pilih??? Ya...tentunya sobat blogger pilih dengan frase kata "bagus" ya kan.

Artikel lain : Manfaat dan Keuntungan Ngeblog Untuk Masa Pensiun

Kenapa ini bisa terjadi? karena para Googler lebih banyak mencari dengan kata "bagus" dari pada dengan kata "baik" jadi hal ini harus sobat perhatikan juga. Jadi mulai sekarang silahkan sobat blogger jangan asal-asalan dalam menentukan judul artikel yahhh.

Ketiga ~ Share Artikel

Untuk mempopulerkan artikel, sobat blogger bisa menge-share artikel sobat lewat media sosial baik melalui facebook, twitter, instagram, line, dan sebagainya serta baik juga sobat melakukan ping blog supaya artikel sobat cepat terindeks di mesin pencari.

Jika artikel sobat banyak yang membaca di media sosial dan mesin pencari ini berarti artikel sobat menarik bagi pembaca.

Boleh nggak artikel yang sudah lama di tulis untuk di share lagi?

Ohh..tentu saja boleh, malah bagus. Ini juga sering saya lakukan, jadi tidak hanya setiap saya menulis artikel terus saya share, tapi saya cari artikel di blog saya yang sudah lama saya tulis untuk saya share kembali. Ini adalah teknik "Replay Share" sobat bisa mengatur artikel-artikel lama di blog sobat untuk di share kembali.

Demikian teknik sederhana menulis artikel bagus dan benar dalam blog. Teknik sederhana ini yang sering saya lakukan dalam setiap menulis artikel.

Jika apa yang saya tulis ini masih banyak kekurangannya mohon di maklumi dan sobat bisa menambahkan kekurangannya, hal ini sangat baik untuk berbagi informasi dengan sesama blogger.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat dan bisa membantu sobat blogger dalam menulis dan menentukan judul artikel dalam sebuah blog.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top