Jun 26, 2017

Cara Menyembuhkan Sakit Flu Secara Efektif

Posted by on Jun 26, 2017

Siapa yang tidak pernah terkena flu? saya rasa semua orang pasti pernah merasakan terkena virus flu, sungguh menderita sekali rasanya, kepala cenut-cenut dan hidung mampet. Belum lagi jika disertai dengan bersin-bersin, ampun deh rasanya.

Terkadang kita menganggap virus flu inisecara sederhana. Tapi perlu sobat blogger ketahui bahwa virus flu kerap menyerang paru-paru dan bisa mengakibatkan pneumonia.

Pengalaman saya secara pribadi, sebelum kita terkena flu pasti kita sudah merasakan gejalanya terlebih dahulu. Hal yang sederhana saya lakukan adalah perbanyak konsumsi air putih dan vitamin C supaya ketahanan tubuh tetap vit. Jika nanti terserang, akan lebih cepat sembuh.

Beberapa waktu yang lalu tidak sengaja saya membaca sebuah majalah yang benama Komunika Edisi 06/XVI, disana dijelaskan beberapa tips cara pencegahan virus flu. Menurut saya penting, dan sewaktu-waktu jika saya membutuhkan tidak kehilangan catatannya maka saya tulis di blog ini. Selain blog ini berfungsi sebagai media informasi tapi juga plus media catatan pribadi heheee...

Melumpuhkan Virus Flu

Flu menyerang siapa saya tidak pandang bulu anak-anak maupun orang dewasa, dan tidak memandang cuaca. Tapi memang, seringkali paling banyak menyerang kita pada saat musim dingin. Yang sangat menjengkelkan adalah virus ini cepat sekali menular lewat udara. Jika orang disekitar kita ada yang terkena flu, bisa dipastikan virus ini akan menyerang orang lain disekitar penderita tersebut.

Arikel lain : Pentingnya Memahami Kanker Serviks Bagi Wanita

Apalagi dalam satu keluarga ada yang terkena, pastinya seluruh keluarga akan terkena juga. Ini pernah saya alami juga, adik saya terkena flu, dilanjut dengan ibu terus saya terkena juga akhirnya. Maka dari itu untuk penanganan awal adalah perbanyak minum air putih dan konsumsi vitamin C.

Obat flu beredar luar di toko-toko obat bahkan di warung-warung kecil banyak yang menjualnya. Terkadang obat flu yang beredar tidak mampu mengatasi sakit flu secara maksimal. Sebagian orang memerlukan antibiotik untuk membantu penyembuhan. Tetapi untuk mengonsumsi antibiotik tersebut tidak bisa sembarangan. Berbahaya, jika kitak tidak mengobatinya sampai tuntas, alhasil bisa terjadi komplikasi.

Menurut Don. R. Powel (Komunika Edisi 06 Hal 14) seorang dokter dari Amerika Serikat mengatakan bahwa setiap tahun diperkirakan sekitar 50.000 orang meninggal karena karena komplikasi tersebut. Kerap kali virus flu menyerang paru-paru sehingga bisa menimbulkan infeksi paru-paru (pneumonia).

Awal gejala flu dan pilek hampir mirip, tapi kalau kita cermati ada beberapa hal perbedaan yang sangat mendasar. Perbedaannya terletak pada intensitasnya. Pilek biasanya diawali dengan bersin-bersin, dari hidup keluar mukus cairan. Berbeda dengan flu, pilek jarang sekali merembet ke paru-paru.

Sedangkan flu kerap membuat penderitanya tidak berdaya. Gejala-gejala penyakit flu antara lain berupa batuk kering, radang tenggorokan, sakit kepala, sakit punggung, otot ngilu, demam, menggigil dan mata terasa panas.

Sebenarnya, gangguan flu ini tergantung pada imunitas tubuh masing-masing individu. Tidak ada obat flu yang langsung manjur mengobatinya. Pada umumnya obat-obatan yang banyak dijual hanya meminimalisir rasa sakit dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Cara Terbaik Mengatasi Flu

Cara terbaik menyembuhkan sakit flus adalah dengan berusaha tidur sebanyak mungkin. Dengan demikian tubuh bisa memfokuskan seluruh kekuatan untuk memerangi virus flu.

Jika sobat terlanjur terkena flu, ada baiknya sobat mengikuti saran-saran di bawah ini agar penyakit flu segera sembuh dan sobat bisa beraktivitas lagi. Apalagi para sobat blogger, jika terkena flu ngeblog-nya berhenti juga heheee....maka harus segera diatasi jika sudah terkena.

Pertama; minum air hangat sebanyak mungkin. Air hangat akan menyembuhkan kongesi hidung dan mengganti cairan tubuh yang hilang lewat prespirasi karena demam. Selain itu juga sebaiknya penderita flu berkumur dengan teh kental atau air garam suam-suam kuku.

Kedua; kulumlah pelega tenggorokan atau permen pepermint untuk membasahi tenggorokan. Jangan menahan batuk yang disertai sputum karena akan membantu membersihkan saluran respirasi lendir.

Ketiga; Hindari minum susu atau makan keju dan produk-produk yang mengandung susu selama beberapa hari. Produk tersebut bisa mempertebal dahak sehingga sulit mengeluarkannya.

Keempat; cucilah tangan sesering mungkin, terutama setelah Anda membuang lendir dan sebelum memegang makanan. Cara ini akan membantu menghindari penyebaran virus flu pada orang lain.

Kelima; Perbanyak konsumsi vitamin C terutama dengan memakan buah-buah segar seperti jeruk, apel, dan sebagainya. Vitamin C dosis tinggi bisa mempercepat pemulihan tubuh yang cenderung lemah karena terserang virus flu.

Baca juga : Bahaya Garam Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Selain itu, sebaiknya penderita mengonsumsi aspirin atau obat flu lainnya untuk mengurangi rasa nyeri dan demam. Usahakan untuk mengurangi aktivitas harian, usahakan banyak beristirahat. Bila dalam satu atau dua hari sakit tidak kunjung sembuh, sebaiknya sobat periksa ke dokter. Sebab bukan tidak mungkin penyakit bisa membawa akibat lebih buruk.

Cara Tradisional Untuk Pencegahan Flu

Sering banyak terjadi sakit flu baru sembuh tuntas setelah dokter memberikan antibiotik. Mengingat obat tersebut bisa memberikan pengaruh yang tidak baik bagi kesehatan, ada baiknya Anda menggunakan cara tradisional yaitu dengan mengonsumsi bawang putih kurang lebih tiga siung setiap hari sampai sakit flu hilang.

Bawang putih memiliki senyawa allicin yang baik digunakan untuk obat. Allicin merupakan salah satu komponen biologis aktif dan paling utama dan kandungannya paling besar terdapat pada bawang putih. Allicin ini yang membuat bau khas pada bawang putih dan pada bawang putih memiliki kandungan anti oksidan, anti bakteri dan anti kanker.

Maka jika sobat terkena penyakit yang diakibatkan oleh virus atau bakteri, sebaiknya sobat mengonsumsi bawang putih sebagai antibody sobat, atau antibiotik alami yang sangat mujarab.

Lihat juga, video cara mengatasi flu;

Sumber: youtube/klikdoter.com

Semoga Bermanfaat, dan sobat blogger sehat selalu. Amin

Salam Blogger - Indonesia
++Heru'S++

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top