Jul 17, 2017

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2017-2018

Posted by on Jul 17, 2017

Edukasi ~ Hari ini Senin 17 Juli 2017 merupakan hari pertama anak-anak masuk sekolah. Awal tahun ajaran baru ini, banyak diwarnai berbagai kegiatan, diantaranya adalah kegiatan orientasi siswa yang sekarang lebih dikenal dengan istilah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Berdasarkan pedoman masa orientasi siswa yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui peranturan menteri (Permendikbud) Nomor 18 tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah. Disana dijelaskan bahwa dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan bagi siswa.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan bagi siswa-siswi baru dalam mengenal lebih jauh mengenai sarana dan prasarana sekolah, penanaman konsep tentang visi dan misi sekolah, kegiatan dalam proses belajar, pengenalan budaya sekolah dan masih banyak lagi.

Tujuan secara umum dari kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah ini adalah:
1.  Pengenalan dan penanaman budaya sekolah dengan pengenalan visi misi sekolah
2.  Mengetahui potensi siswa-siswi baru
3.  Membantu siswa-siswi baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah
4.  Menumbuhkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya
5.  Menumbuhkan perilaku positif antara lain kemandirian, kejujuran, kreativitas, etos kerja, kedisiplinan, integritas, semangat kegotong royongan, kepedulian dan bertanggung jawab.

Apabila dalam masa pengelanan lingkungan sekolah ini terjadi perpeloncoan yang mana mengarah ke bulying maka pemberian sangsi mengacu kepada Permendikbud Nomor 82 tahun 2015 mengenai Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan pada satuan pendidikan dan peraturan perundang-undangan lainnya.

Dihari pertama masa pengenalan lingkungan sekolah biasanya ditandai dengan pengenalan visi-misi sekolah, tata tertib, pengenalan dan karakter budaya sekolah serta menjalin keakraban bersama antar siswa baru.

Seperti kegiatan yang dilaksanakan oleh SMP Stella Maris - BSD, kegiatan awal Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ditandai dengan pengenalan visi-misi sekolah, peraturan sekolah, dan sosialisasi kurikulum sekolah.

Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini dilaksankan dalam suasana yang akrab jauh dari kesan bulying apalagi perpeloncoan. Menurut PIC kegiatan pengenalan lingkungan sekolah Mr. Arnoldus bahwa kegiatan MOS atau MPLS di lingkungan sekolah Stella Maris dari dulu jauh dari kesan bulying atau perpeloncoan. Sekolah Stella Maris terkenal di lingkungan sekitar dengan budaya caring-nya dan kekeluargaannya.


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top