Jul 24, 2017

Produk Unggulan Gratis Google yang Populer

Posted by on Jul 24, 2017


Blogging ~ Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan internet raksasa dunia? ya.... Google!!! Banyak dari para pemakai internet tidak mengetahui atau bahkan sedikit yang mengetahui produk-produk dari Google yang free untuk di manfaatkan. Banyak dari pengguna internet yang tidak mengetahui kalau Google memiliki banyak produk yang gratis untuk dimanfaatkan bahkan untuk menunjang keperluan bisnis online pun. Ini sungguh luar biasa, apa yang diberikan oleh Google jika kita bisa memanfaatkannya seoptimal mungkin.

Produk layanan gratis dari Google ini memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda untuk setiap produknya. Mungkin diantara produk-produk Google ini sudah sangat familiar di telinga para pengguna internet, dan ada beberapa dari mereka yang menggunakan produk dari Google ini sampai tidak tahu kalau produk tersebut dari Google.

Supaya sobat blogger tahu produk-produk Google yang gratis tersebut, langsung saja saya ulas beberapa produk Google yang gratis untuk dimanfaatkan para penggunanya.

Produk Google Yang Gratis untuk Kita Manfaatkan 

#1  Google Chrome


Produk browser open source dari Google ini sudah sangat familiar di telinga para netter. Produk yang dikembangkan oleh Google ini menggunakan mesin Rendering WebKit.

WebKit adalah mesin layout yang di desain agar browser dapat merender halaman web. Mesin browser ini dirilis oleh Google pada tanggal 2 September 2008, yang saat itu hanya untuk Microsoft Windows karena masih dalam tahap pengembangan atau versi beta. Pada bulan Januari 2012, Google Chrome diperkirakan telah meraih presentase 20-28% dari pengguna internet di seluruh dunia (sumber: wikipedia). Dalam waktu singkat Google Chrome sudah mampu menyaingi rival terberatnya yaitu Mozilla Firefox. Saat ini bisa dikatakan pengguna Google Chrome sudah melebih Mozilla.

#2  Google Mail (Gmail)

Google mail atau sering disebut dengan Gmail adalah layanan surel yang dikeluarkan oleh Google dan gratis. Saya yakin para netter di seluruh dunia sudah banyak memanfaatkan layanan email gratis dari Google ini. Bagi pemilik akun Gmail, keuntungan yang bisa dimanfaatkan adalah terintegrasi dengan seluruh layanan dari produk Google, sehingga kita tidak perlu untuk registrasi. Cukup memiliki akun Gmail, maka kita bisa memanfaatkan seluruh produk yang dikeluarkan atau diakuisisi oleh Google.

Fitur menarik dari Gmail, menurut saya adalah fitur conversation view yang mirip thread pada forum-forum. Gmail versi beta dikeluarkan pada tanggal 1 April 2004 dan tersedia untuk diakses publik pada tanggal 7 Februari 2007 masih dalam versi beta. Dengan kapasitas penyimpanan awal 1 MB, Gmail berhasil meningkatkan standar penyimpanan gratis dari 2 - 4 MB dan melebihi standar pesaingnya waktu itu. Sekarang setiap akun Gmail memiliki kapasaitas data simpanan 25 MB termasuk lampiran. Kapasitas ini jauh lebih besar dari layanan surat web lainnya.

Artikel lain : Cara Daftar Google Websmaster Tools Blog

#3  Google Translate 

Google Translate atau sering disebut juga Google Terjemahan adalah satu satu produk dari Google yang bisa dibilang memiliki nilai pelayanan. Kenapa? karena produk satu ini bisa membantu kita sebagai penggunanya untuk menerjemahkan kata atau sebuah kalimat ke dalam beberapa bahasa. Walaupun memiliki beberapa keterbatasan dalam penerjemahan, namun Google Translate ini sangat membantu sekali.

Google melakukan penerjemahan dengan pendekatan yang disebur dengan penerjemahan berdasar statistik. Penerjemahan demikian merupakan hasil penelitian Franz-Josef Och. Beliau sekarang adalah kepala departemen Google bidang penerjemahan. Dengan mengembangkan sistem penerjemahan berdasar statistik dua bahasa ini diperlukan suatu koleksi teks paralel dua bahasa yang terdiri lebih dari satu juta kata, dan dua koleksi teks lainnya untuk masing-masing bahasa yang bisa lebih dari satu miliar kata. Model statistik dari data ini kemudian digunakan untuk melakukan penerjemahan atar bahasa. Pada bulan September 2008 Google Terjemahan telah  memasukkan Bahasa Indonesia dalam mesin Google Terjemahan, sehingga kita bisa menerjemahkan kata dalam bahasa Indonesia untuk diterjemahkan ke bahasa lain. Hebat ya...sobat Blogger mesin Google terjemahan ini...

#4  YouTube

Masih banyak netter yang belum tahu kalau YouTube saat ini sudah menjadi salah satu produk milik Google. Ya... dahulu YouTube adalah hasil karya dari tiga mantan karyawan PayPal yaitu Chud Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim yang menciptakan portal YouTube ini pada Februari 2005. Semua orang saat ini sangat familiar dengan portal satu ini, bisa dibilang lebih dari separuh penduduk muka bumi ini memanfaatkan YouTube untuk menyimpan, menonton dan mencari video.

YouTube berawal dari sebuah perusahaan rintisan yang ditandai oleh investasi senilai $ 11.5 Juta. Kantor pertama YouTube terletak di atas pizzeria dan restoran Jepan di San Mateo, California USA. Nama domain www.youtube.com aktif pada tanggal 14 Februari 2005 bertepatan pada hari Valentine ya sobat.

Video pertama YouTube berjudul "Me at the zoo" video ini menampilkan pendiri pendamping Jaweb Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs YouTube.

Ini video pertama di YouTube 

Pada bulan November 2006, YouTube di beli oleh Google senilai US $ 1,65 Miliar atau senilai kurang lebih Rp 23T...woowww sungguh nilai yang sangat fantastis. Setelah diakuisisi sebagai anak perusahaan Google, pendapatan YouTube melonjak pesat. Jika sobat ingin lebih tau sejarah perkembangan YouTube silahkan berkunjung ke sini
#5  Blogspot.Com atau Blogger.Com

Blogspot atau Blogger merupakan salah satu layanan gratis dari Google lainnya. Blogspot adalah layanan publikasi blog gratis yang banyak digemari oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia, termasuk saya salah satunya. Banyak orang telah meraih kesuksesan dengan platform gratis ini yang di integrasikan dengan salah satu produk Google yaitu Google Adsense. Tidak hanya orang luar negeri saja yang telah meraih keuntungan dengan modal bisa dibilang sedikit bahkan free, orang Indonesia pun juga banyak yang telah meraih pundi-pundi Dollar dari platform gratisan ini.

Pada Agustus 1999 Blogger diluncurkan oleh perusahaan Pyra Labs. Sebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, blogger berperan dalam mempopulerkan format blog diseluruh dunia. Pada Februari 2003, Google mengakuisisi Pyra Labs dan membuat seluruh fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan sepenuhnya gratisssss. Jadi, kita patut berterimakasih pada Google jikat tidak dibeli Google kita tidak bisa memiliki blog dari blogger yang powerfull ini.

Pada 14 Agustus 2006, Blogger mengeluarkan versi terbarunya dalam bentuk beta, yang diberi kode "invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Bulan Mei 2007 Blogger selesai memigrasikan seluruh data penggunanya ke server milik Google. Jadi, para pengguna blogger bisa dibilang menikmati fasilitas premium secara gratis.

#6  Google Adsense

Google Adsense adalah salah satu platform gratis yang dikeluarkan oleh Google. Kita hanya perlu memiliki sebuah blog untuk diintegrasikan dengan Google Adsense untuk mendapatkan pundi-pundi Dollar. Tapi.... untuk mendapatkan lisensi menjadi publisher Google Adsense tidaklah mudah, blog kita yang didaftarkan harus lolos verifikasi dari Google. 

Google Adsense merupakan salah satu program periklanan milik Google dalam bentuk layanan iklan PPC (pay per click), yang gratis. Blog ini sudah lolos verifikasi dari Google Adsense, sobat bisa melihat iklan Google Adsense yang saya sematkan di blog ini. 

Terkadang para netter rela membayar ratusan ribu untuk mendapatkan akun Google Adsense, padahal sebenarnya susah-susah gampang untuk mendapatkan verifikasi dari Google Adsense. Saya akan membahas secara khusus trik saya mendapatkan lisensi dari Google Adsense, yang saya terapkan dan 100% mendapatkan approve dari Google Adsense. 

Tidak hanya penayangan iklan di Blog dan chanel YouTube saja, Google Adsense juga menyediakan beberapa ruang tambahan untuk menghasilkan pundi-pundi Dollar dari Adsense, antara lain adalah:

AdSense for Search (Adsense untuk penelusuran)
Sobat bisa mendapatkan uang jika ada pengunjung blog sobat yang melakukan penelusuran menggunakan kotak penelusuran yang kita pasang pada blog dan melakukan klik iklan yang tampil. 

Native Ads
Produk baru dari Google Adsense adalah NativeAds. Maksud dari native ads adalah jenis periklanan digital yang menyesuaikan dengan konten artikel baik berupa teks, audio atau video dan terletak dalam konten sebuah website atau blog. Artinya iklan native ini menyatu dengan konten website atau blog sehingga pengunjung sulit untuk membedakan mana konten artikel blog dan konten iklan native.

Ads for Mobile 
Iklan ini adalah iklan yang kita sematkan dalam blog atau website kita, khusus untuk layanan mobile. Maksudnya, jika pengunjung blog atau website kita menggunakan handphone maka iklan ini akan muncul.

#7  Google Plus atau Google+

Google Plus atau sering disebut G+ adalah produk sosial media miliki Google, sama halnya dengan media sosial lainnya seperti facebook, twitter, dan lainnya. Google plus mulai diluncurkan pada tanggal 28 Juni 2011.

G+ saat ini mungkin belum terlalu populer seperti facebook dan twitter, tapi perlu kita ketahui, produk ini dirancang untuk menyaingi pendahulunya. Kelebihan dari G+ ini adalah terkoneksi langsung dengan blogspot, sehingga bila sobat membuat postingan baru bisa langsung dipublikasikan. G+ juga tersedia untuk berbagai aplikasi seperti desktop, dan aplikasi ponsel, tetapi hanya pada sistem operasi Android dan iOS.

The New York Time telah menyatakan bahwa Google+ adalah upaya terbesar Google  untuk menyaingi facebook. Banyak fitur dari Google+ yang mirip dengan media sosial lainnya sehingga orang yang baru gabung pun tidak bingung untuk memanfaatkannya. Jika sobat mempunyai akun Gmail, maka sobat bisa terintegrasi langsung Google+ tanpa harus daftar, karena semua produk Google akan terintegrasi dengan seluruh produk milik Google.

#8  Google Analytics 

Google Analytics adalah salah satu fitur gratis yang dikeluarkan oleh Google untuk menampilkan statistik data pengunjung. Para Blogger wajib untuk memanfaatkan fitur ini. Fitur ini membantu pengelola blogs atau website untuk memonitor data statistik pengunjung untuk mendapatkan informasi data pengunjung berdasarkan halaman pencarian, iklan, jaringan PPC, email marketing dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF.

Google analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektivitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan fitur ini pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs pengguna. Dengan menggunakan Google Analytics seorang blogger dapat membuat report tentang traffic web atau blog dalam waktu harian, mingguan atau bulanan. Untuk mendaftarkan sobat hanya perlu mempunyai akun Google.

Artikel lain : Cara Mendaftar Google Analytics untuk Blog

#9  Google Search (Google Pencarian)

Google Search atau Google Web Search adalah mesin pencarian milik Google. Google search adalah mesin pencarian yang banyak digunakan oleh warga netter diseluruh dunia, dan istilah penelusuran dengan Google sudah menjadi kata kerja, yaitu "Googling".

Urutan hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada peringkat populer bernama page rank. Tujuan utama Google Search adalah mencari teks di dokumen-dokumen publik yang tersedia di server web. Google search awal mulanya dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997. Google search sedikitnya menyediakan 22 fitur istimewa selain pencarian kata, yaitu sinonim, ramalan cuaca, zona waktu, pergerakan saham, peta, data gempa, jadwal bioskop, bandar udara, daftar rumah, dan skor olah raga.

Pada bulan Juni 2011 Google mluncurkan "Google Voice Search" dan search by image yang memungkinkan pengguna mencari sesuatu dengan perintah suara dan gambar. Pesaing utama Google search adalah Baidu dan Soso.com di China, never.com di Korea Selatan, yandex.com di Rusia, seznam.cz di Republik Ceko, Yahoo! di Jepang dan Taiwan, dan pesaing potensial lainnya adalah Bing.

#10  Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs. Google drive memberikan space penyimpanan data free sebesar 15GB dan bisa ditingkatkan dengan membayar sejumlah biaya tertentu. Google drive dapat menyimpan file berupa video, foto maupun data.

Google drive juga memiliki fitur unggulan yaitu sinkronisasi data melalui folder khusus di dalam desktop (Desktop Sync Client). Fitur yang bisa digaris bawahi dari GDrive adalah API's untuk para developer. Hingga saat ini GDrive sudah terhubung dengan puluhan aplikasi dari pihak ketiga, sehingga penggunaannya lebih maksimal dan optimal.

#11  Google Keyword Planner 

Google keyword planner sangat populer dan banyak digunakan oleh para blogger yang berpengalaman untuk mencari kata kunci. Sebenarnya tool ini berfungsi untuk melakukan riset kata kunci iklan adword tapi dalam penggunaannya ternyata tools ini sangat manjur untuk mencari dan meriset kata kunci yang tepat sebelum menulis artikel untuk melakukan optimasi SEO.

Cara ini dilakukan untuk memaksimalkan kekuatan kata kunci untuk optimasi SEO sehingga menguatkan kata kunci di mata mesin pencari, sehingga artikel yang dibuat bisa masuk ke halaman utama pencarian Google. Masih banyak tools lain yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset kata kunci yang bisa dipakai untuk optimasi SEO dalam sebuah artikel, tapi yang sering dipakai adalah tools dari Google ini.

#12 Google Play

Google Play adalah layanan konten digital milik perusahaan Google, yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, dan games. Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV.

Sistem android yang bersifat open source memungkinkan pihak ketiga terlibat dalam mengembangkan aplikasi untuk perangkat android. Android pertama kali dirilis pada 22 Oktober 2008 saat ini diperkirakan telah ada lebih dari 450.000 aplikasi di android market, dan pertumbuhan jumlah aplikasi ini bisa dibilang sangat cepat. Pada tahun 2009 saja jumlah aplikasi di androi dmarket hanya berjumlah kurang lebih 2.300 aplikasi saja. Pada tahun 2010 sudah berkembang pesat kurang lebih sekitar 80.000 aplikasi di android market.

Meski banyak aplikasi gratis, bukan berarti Android Market tidak mendatangkan keuntungan dari pengembanganya. Keuntungan tersebut datang dari pengiklan yang dapat menyisipkan iklannya di aplikasi. Bila pengguna aplikasi mengklik iklan tersebut, pengembang bisa mendapatkan keuntungan sebesar 0,01 - 0,05 USD. Untuk aplikasi berbayar, Google menerapkan kebijakan pembagian keuntungan sebesar 30% bagi pengembang aplikasi dan 30% bagi Google Market.

#13  Google Earth 

Google Earth pada awalnya dikenal sebagai Earth Viewer dikembangkan oleh Keyhole, Inc. Sebuah perusahaan yang diambil alih oleh Google pada tahun 2004. Produk ini kemudian diganti namanya oleh Google menjadi Google Earth pada tahun 2005, dan sekarang tersedia untuk komputer pribadi yang menjalankan Microsoft Windows dan Linux.

Google earth memiliki kemampuan untuk memperlihatkan bangunan dan struktur (seperti jembatan) 3D, yang meliputi buatan pengguna yang menggunakan SketchUp sebuah program pemodelan 3D. Google earth versi lama, bangunan 3D terbatas pada beberapa kota dan memiliki pemunculan yang buruk tanpa tekstur apapun.

Bulan Agustus 2007, Hamburg menjadi kota pertama yang seluruhnya dalam bentuk 3D, termasuk tekstur seperti facade. PEmunculan 3D itu tersedia untuk beberapa bangunan dan struktur diseluruh dunia melalui gudang 3D Google dan situs web lainnya.

Baca juga :  Sumber-sumber Penghasilan Dari Google

#14  Google AdWords

Google AdWords adalah produk periklanan dari Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan yang menyumbang sekitar 70% dari total pemasukan Google dalam satu tahun. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai tempat beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Google AdWords mempunyai dua cara beriklan yaitu:
1.  Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions, dimana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per-seribu impressions atau tayangnya iklan tersebut.

2.  Sistem PPC atau Pay Per Click, dimana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapat dari iklan tersebut. Jadi, jika iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak membayar biaya tayang iklannya.


Kesimpulan:
Dari beberapa daftar produk-produk Google diatas, kalau saya boleh jujur produk-produk tersebut paling sering digunakan. Meskipun tidak menutup kemungkinan produk-produk dari Google lainnya yang masih banyak digunakan. Namun setidaknya, produk-produk diatas yang paling sering dan paling banyak dimanfaatkan.

Inovasi-inovasi yang dilakukan oleh Google selalu membuat para penggunanya berdecak kagum dan terkesan. Dari banyaknya inovasi yang dilakukan oleh Google tersebut, kita semua bisa menilai dan tahu bahwa Google adalah perusahaan teknologi yang mendominasi perkembangan teknologi dunia.

Salam Bahagia ~ Blogger Indonesia


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top