Aug 2, 2017

David Karp Pemuda Dengan Kekayaan 2T

Posted by on Aug 2, 2017

Kisah Sukses ~ Siapa yang belum tau tentang Tumblr? Tumblr adalah platform mikroblog dan situs jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan oleh Tumblr,Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna mengirimkan konten multimedia atau lainnya dalam bentuk blog pendek. Arsitek di balik berdirinya Tumblr adalah sosok seorang anak muda bernama David Karp.

Microblogging

Pada bulan Februari 2007 Karp membangun web microblogging bernama Tumblr (Tumblr.com). Web ini langsung melesat menjadi populer sampai menduduki peringkat alexa 32. David Karp lahir pada 6 Juli 1986 di New York City, dia adalah seorang pengembang web dan pengusaha asal Amerika Serikat.

Menurut Forbes, kekayaan bersih Karp mencapai lebih dari $200 juta dan Tumblr memiliki nilai kapitalisasi sebesar $800 juta. Pada tanggal 20 Mei 2013, Tumblr sepakat untuk di akuisisi oleh Yahoo! dengan nilai $1,1 miliar, Karp tetap menjabat sebagai CEO Tumblr.

Kelebihan dari Tumblr adalah kesederhanaannya. Pengguna dapat memposting melalui panel kontrol yang memiliki tombol untuk berbagi jenis posting (teks, video, audio, foto, link, quote, dan chat), tetapi juga dapat memposting dari sebuah bookmarket di dalam browser pengguna, instant messenger, telepon seluler, dan desktop widget.

Baca juga : Irene Natalie Ibu Rumah Tangga yang Sukses Usaha Jewelry

 Sekilas Sejarah David Karp

Karp dibesarkan di Manhattan, New York. Ayahnya adalah seorang komposer musik, film dan televisi bernama Michael D Karp, sedangkan ibunya bernama Barbara Acherman adalah seorang guru sains. Kedua orang tua Karp sudah berpisah pada saat Karp berusia 17 tahun.

Karp mulai mengenal bangku sekolah pada usia 3 tahun. Di usia sekolah yang terlalu dini ini dikarekan ibunya harus membawa Karp ke sekolah sambil mengajar di The Calhoun School di Manhattan. Bakat Karp mulai terlihat, ia sangat menyenangi dunia sains. Ia bahkan mulai tertarik dan belajar bahasa pemrograman internet, HTML, sejak usia 11 tahun. Tidak lama kemudian ia sudah bisa membuat sebuah website untuk sebuah perusahaan di Manhattan, New York.

Dengan bakat seperti itu orangtuanya memasukkan Karp ke sekolah khusus bidang sains, Bronx High School of Science. Sekolah ini memang menjadi magnet sekolah unggulan di Bronx, New York. Tapi....ternyata Karp hanya mampu bertahan selama setahun di SMA dan memilih keluar ketika usianya masih 15 tahun, dan melanjutkan pendidikannya di Home Schooling.

Pada saat itu ibunya Karp berkenalan dengan salah satu orang tua murid yang memiliki studio animasi, yaitu Fred Seibert pemilik Frederator Studio yang antara lain memproduksi film kartun seperti Nickelodeon, Nicktoons, Cartoon Network, dan sebagainya. Pada saat bertemu dengan Seibert, Karp langsung tertarik dan meminta ijin untuk berkunjung ke studionya.

Permintaan Karp disetujui oleh Seibert, supaya ia mempunyai waktu yang banyak untuk mengunjungi studio Seibert, maka ia sekolah di Home Schooling. Selama mengenyam pendidikan di homeschooling ia mengikuti pendidikan sesuai minatnya. Salah satu pendidikan minat yang ia ikuti adalah Bahasa Jepang di Japan Society. Disana ia bertemu dengan seorang tutor matematika yang kemudian mengajaknya membuat software untuk memenangkan permainan poker dan blackjack.

Artikel lain :  Rusdi Kirana Pendiri Lion Air Memulai Karir dengan Jualan Mesin Ketik

Pada suatu hari seorang pengusaha bernaman John Maloney yang mengelola forum parenting UrbanBaby mencari seorang teknisi untuk pengembangan forum web tersebut. Salah seorang staff dari Frederator merekomendasikan Karp. Maka Karp mendapatkan pekerjaan itu dan ia mengerjakannya dalam waktu sehari (lebih tepatnya selama empat jam). Maloney kemudian memberikan sebagian sahamnya kepada Karp, yang pada saat itu baru berusia 16 tahun dan memberi Karp jabatan sebagai kepala divisi produk UrbanBaby.

Lahirnya Tumblr

Pada tahun 2006 Maloney menjual UrbanBaby ke CNET, jaringan media internet. Karp mendapatkan bagian dari penjualan saham UrbanBaby. Dari hasil uang itulah ia lalu mendirikan perusahaan konsultan software bernama Davidville. Ia bahkan sudah mencari programmer lain untuk membantu mengembangkan bisnisnya. Datanglah Marco Arment, setelah membaca iklan Karp di website iklan Craigslist.

Namun sayangnya perusahaan itu tidak berhasil. Pada saat itu Karp memikirkan untuk membuat tumbleblogs (bentuk blog yang lebih sederhana). Pada akhirnya Karp dan Arment merancang tumbleblogs tersebut dan lahirlah Tumblr yang secara resmi diluncurkan pada bulan November 2007.

Baru diluncurkan selama dua minggu, jumlah membernya sudah mencapai kurang lebih 75.000 user. Tumblr mulai menjadi alternatif bagi pengguna blog karena lebih simpel. Momentum terbaikbagi Tumblr adalah ketika terjadi bencana topan Sandy melanda sisi timur Amerika, termasuk New York pada bulan Oktober 2012 lalu. Bencana angin topan tersebut membuat sejumlah perusahaan media seperti Huffington Post, Gawker, dan BuzzFeed yang bermarkas di New York terpaksa offline.

Bencana ini menyebabkan perusahaan tersebut tidak bisa menerbitkan berita mereka, maka untuk melayani para pembacanya ketiga media itu meminta Tumblr menayangkan edisi sementaranya di Tumblr.

Tumblr juga mencatatkan prestasinya ketika menjadi media yang mempopulerkan kartun terbaru Hollywood berkat para penggunanya yang saling melakukan follow bagaikan virus yang cepat menular. Dalam sekejap mata film terbaru kartun tersebut menjadi viral. Dengan momentum ini membuat Tumblr semakin populer.

Baca juga :  SUNARNO Seorang Pemulung yang Sukses Bisnis MLM

Pada bulan Mei 2012 Tumblr mengeluarkan kebijakan untuk membuka diri menjadi sarana para pengiklan. Adidas menjadi perusahaan besar pertama yang memanfaatkan peluang ini untuk mengiklankan perusahaannya di Tumblr. Dengan kebijakan yang dikeluarkan Tumblr tersebut, di akhir tahun 2012 tersebut Tumblr membukukan keuntungan sebesar US $13 juta (sekitar Rp170 milir).

Menurut Karp peluang berkembangnya Tumblr kedepannya sangat besar. Sebelumnya banyak orang meragukan apakah media sosial layak menjadi media bagi pemasang iklan? karena pada saat itu banyak masyarakat yang menonton televisi meskipun internet sudah mulai populer. Karp tetap yakin bahwa Tumblr akan berkembang pesat dan menjadi besar.

Karp menciptakan sebuah teknlogi yang sangat inspiratif di abad ini. Seorang anak muda yang inovatif dan mempunyai keyakinan tinggi akan keberhasilan produknya. Dari kecil ia sudah fokus pada hobinya dan tentunya dibalik semuanya ada dukungan dari orang tua, terutama sang ibu. Karp dan Tumblr tidak bisa terpisahkan. Dari apa yang dilakukan Karp tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa kesuksesan yang di raih Karp adalah hasil dari ketekunan dan fokus Karp di bidang teknologi internet. Fokus dan ketekunan serta kerja keras dari Karp inilah yang menjadi kunci suksesnya.


Sumber:
-  Majalah Luar Biasa edisi Februari 2013
-  id.wikipedia.org


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top