Sep 19, 2017

Cara Mengetahui Sebuah Berita Hoax

Posted by on Sep 19, 2017


Hoax diartikan sebagai sebuah informasi yang sesungguhnya tidak benar (bohong), tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Berita hoax akhir-akhir ini marak sekali beredar di masyarakat, apalagi dengan adanya media sosial berita hoax cepat sekali tersebar. Kita sebagai pengguna media internet jika tidak hati-hati dalam menyaring berita bisa kemungkinan menjadi korban berita hoax ini. Maka sebelum mengshare berita yang kita dapatkan, lebih baik kita telusuri kebenaran isi berita tersebut, atau langkah baiknya kita diamkan saja.

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan 90% masyarakat yang tidak menyaring berita yang ia terima berpotensi menjadi penyebar berita hoax (Antara, 280817). Kedewasaan masyarakat dalam menyerap dan menyaring berita sangat diperlukan, sehingga kita bisa terhindar dari pengaruh berita hoax tersebut.

Baca juga :  Produk Unggulan Gratis Google yang Populer

Menurut jubir Istana Negara, Bapak Agus penyebar berita hoax dengan niat tidak baik hanya berpengaruh 10%, sedangkan 90% adalah kita sebagai penyebar atau penerus berita bohong tersebut jika kita percaya dan menganggap bahwa isi berita hoax tersebut segaris atau sepemahaman dengan kita.

Menurut CNN Indonesia ada sekitar kurang lebih 800 situs penyebar berita hoax di Indonesia. Sungguh suatu hal yang sangat luar biasa sekali, jika kita sebagai pembaca atau penerima berita tidak bisa memfilter berita yang kita terima, maka kita menjadi bagian dari penyalur berita hoax tersebut.

Berita hoax bisa berwujud sms, email, pesan boradcast, hingga portal berita yang khusus dibuat dalam bentuk blog. Penyebaran berita hoax sangat cepat sekali dengan memanfaatkan media-media sosial yang sering dipakai oleh masyarakat misalkan facebook, twitter, instagram, dan sebagainya.

Motif berita hoax ini bermacam-macam, ada yang bertujuan untuk meningkatkan rating situs, mengadu domba, menebar kebencian, dan masih banyak lagi.

Berita hoax selain membelokkan fakta kebenaran juga mampu mempengaruhi pola pikir pada masyarakat, dan lebih bahaya lagi adalah mampu memprovokasi. Lebih berbahaya lagi jika dikaitkan juga dengan budaya masyarakat kita yang lebih sering menerima mentah-mentah berita yang mereka baca, lalu mengshare.

Terus cara untuk mengatasi atau mengetahu berita hoax bagaimana?

Cara yang bisa kita lakukan untuk menyikapi berita hoax yang marak beredar di internet apalagi di situs-situs jejaring sosial adalah sebagai berikut:

1.  Berpikir lebih bijaksana; maksudnya begini, jika kita mendapatkan berita jangan langsung melakukan share, kita liat dahulu sumber berita tersebut apakah berita tersebut berasal dari situs portal berita terpercaya atau tidak. Jika berita tersebut tidak berasal dari situs berita terpercaya jangan langsung percaya, kita luangkan waktu untuk melakukan penelusuran sumber berita tersebut.

2.  Meneliti alamat situs web; dalam rangka melakukan filter berita-berita hoax langkah berikutnya adalah melakukan penelusuran alamat situs web penyebar berita tersebut. Situs-situs berita resmi terdaftar di dewanpers.or.id/perusahaan, jika kita melacak dengan memasukkan alamat situs tersebut maka akan terlihat informasi apakah situs tersebut terdaftar dan terverifikasi atau tidak. Kita juga bisa mengetahui informasi tentang alamat, nomor telepon, status dan pemutakhiran atau pembaharuan data.


3.  Cek foto lewat Google Image; seringkali dalam situs berita hoax disertai gambar atau foto yang mendukung untuk menguatkan opini yang dibangun dalam kandungan isi berita tersebut. Sehingga pembaca jika tidak paham bisa tergugah emosinya dengan melihat foto-foto tersebut. Padahal belum tentu foto tersebut asli. Maka untuk mengantisipasinya, google sudah menyediakan fasilitas untuk melakukan pengecekan gambar dengan Google Image.

Artikel lain :  Jadilah Blogger Profesional Jangan Suka Nyampah

Caranya adalah masuk ke situs Google.Com lalu klik image/gambar. Disitu kita bisa melakukan pengecekan tentang sumber utama asal foto atau gambar tersebut.

4.  Ikut serta dalam komunitas daring; menurut Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah indonesia) setidaknya ada empat komunitas yang getol memerangi berita hoax di Indonesia. Keempat komunitas itulah yang akhirnya membaur menjadi satu dengan nama Mafindo. Kita bisa bergabung di komunitas Mafindo ini lewat media sosial FB di alamat: https://www.facebook.com/MafindoJkt atau bisa cek di situs ini https://www.turnbackhoax.id/ untuk mengetahui atau mengadu jika ada berita hoax.

KESIMPULAN

Berita hoax atau bohong sebenarnya bisa kita tanggulangi jika kita sebagai pembaca mau bersikap lebih dewasa dan mau meluangkan waktu kurang lebih satu menit untuk mengecek kebenaran informasi tentang berita tersebut.

Kedewasaan pembaca memang sangat diperlukan supaya kita tidak menelan mentah-mentah isi berita yang diterima. Cek dahulu situs penyebar berita hoax, dan yang paling penting adalah jangan terburu-buru untuk melakukan share berita tersebut di media sosial, karena nanti akan tersebur cepat bagaikan virus. Jangan jadikan diri kita bagian dari masalah, tapi jadikan diri kita bagian dari solusi
Jangan jadikan diri kita bagian dari MASALAH, tapi jadikan diri kita bagian dari SOLUSI

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top