Oct 31, 2017

Bagaimana Menjadi Seorang Pemikir Yang Lebih Baik

Posted by on Oct 31, 2017





















Seorang pemikir yang baik selalu dibutuhkan dimanapun dia berada. Seorang ahli fisika pemenang hadiah Nobel, Albert Einstein salah seorang pemikir terbaik yang pernah hidup di planet ini menegeaskan bahwa, "Berpikir adalah pekerjaan yang sulit; itulah sebabnya mengapa begitu sedikit orang yang menjalankannya." Karena berpikir memang begitu sulit.

Apakah sobat ingin menguasai atau mempelajari cara berpikir yang baik? Apakah sobat ingin menjadi seorang pemikir yang lebih baik lagi di masa depan dibandingkan keadaan sobat saat ini? Jika sobat merasa demikian, Sobat perlu terlibat dalam proses memperbaiki pemikiran yang sedang berlangsung.

Bacar juga :  7 Cara Dahsyat Mengubah Rasa Takut Menjadi Hal Positif

Di dalam buku karangan John C Maxwell yang berjudul "Bagaimana Orang Sukses Berpikir" disini dikatakan oleh beliau proses atau cara menjadi seorang pemikir yang baik. John C Maxwell merekomendasikan sobat untuk melakukan hal-hal berikut ini:

1.  Singkapkanlah Diri Anda terhadap Masukan yang Baik

Para pemikir yang baik selalu mengutamakan pemompaan ide-ide. Mereka selalu mencari hal-hal yang memulai proses berpikir, karena apa yang Anda masukkan selalu mempengaruhi apa yang keluar.

Bacalah buku-buku, pelajarilah amajalah-majalah perdagangan, dengarkanlah kaset-kset, dan luangkanlah waktu dengan para pemikir yang baik. Dan saat sesuatu menarik perhatian Anda---entah itu adalah ide orang lain atau benih suatu ide yang Anda dapatkan sendiri---taruhlah itu di depan Anda. Tuliskan dan taruhlah itu di tempat berpikir favorit Anda untuk menggugah pemikiran Anda.

2.  Singkapkanlah Diri Anda terhadap Para Pemikir yang Baik

Luangkan waktu bersama orang-orang yang tepat. Maksudnya adalah kalau cara berpikir kita ingin berkembang kita harus bergaul dengan para pemikir yang baik. Ibarat kata jika kita berkumpul dengan orang-orang negatif maka kita akan lama kelamaan terpengaruh dengan cara berpikir mereka yagn negatif, berbeda jika kita berkumpul dengan para pemikir yang positif maka kita akan terpengaruh dengan cara berpikir mereka yang positif.

Artikel lainnya :  Ayam Kate yang Diremehkan Musuhnya

Penulis Kitab Amsal mengamati bahwa orang-orang yang tajam menajamkan orang lain, sama seperti besi menajamkan besi. Jika Anda ingin menjadi seorang pemikir yang tajam, bergaullan dengan orang-orang yang tajam.

3.  Pilihlah untuk Memikirkan Pemikiran yang Baik

Menjadi seorang pemikir yang baik, sobat harus melakukan proses berpikir. Secara teratur tempatkanlah diri sobat di tempat yang benar untuk berpikir, membentuk, memperluas dan menyampaikan pemikiran sobat. Jadikanlah itu prioritas, ingatlah berpikir adalah suatu disiplin. Jika sobat mau melakukan proses berpikir yang baik, ambillah kertas dan pena, serta pastikanlah untuk menuliskan ide-ide sobat.

4.  Bertindaklah Berdasarkan Pemikiran-pemikiran Baik Anda

Sebuah ide mempunyai masa simpan yang singkat. Anda harus bertindak berdasarkan ide itu sebelum masa kadaluwarsa. Penerbang yang berpengalaman dalam Perang Dunia I, Eddie Rickenbanker, berkomentar, "Saya dapat memberikan kepada Anda rumus enam-patah-kata untuk keberhasilan: Pikirkanlah segala sesuatu---kemudian patuhilah itu"

5.  Izinkanlah Emosi Anda untuk Menciptakan Pemikiran Baik Lainnya

Dalam memulai proses berpikir, Anda tidak dapat bergantung pada perasaan. Dalam Failing Forward, saya menulis bahwa Anda dapat bertindak berdasarkan perasaan jauh sebelum Anda dapat merasakan sesuatu untuk bertindak. Jika Anda menunggu sampai merasakan sesuatu untuk bertindak, Anda kemungkinan besar tidak akan mencapainya. Hal yang sama berlaku dalam berpikir. Anda tidak dapat menunggu sampai Anda ingin berpikir untuk melakukannya. Tetapi, jika Anda terlibat dalam proses pemikiran yang baik, Anda dapat menggunakan emosi Anda untuk menguatkan proses tersebut dan menciptakan momentum mental.

Baca ini juga :  Rahasia Sukses Andrew Carnegie yang Perlu Dicoba

Anda bisa mempraktikkan sendiri. Setelah Anda melalui proses pemikiran yang disiplin dan menikmati sedikit keberhasilan, izinkanlah diri Anda untuk menikmati saat itu dan cobalah meluncur di atas energi mental keberhasilan itu.

6.  Ulangilah Proses Tersebut

Satu pemikiran yang baik tidak menciptakan kehidupan yang baik. Orang-orang yang mempunyai satu pemikiran yang baik dan berusaha menjalankannya sepanjang karier sering berakhir dengan merasa tidak bahagia atau miskin. Mereka menakjubkan satu kali, penulis satu buku, pembicara satu pesan, penemu satu penemuan yang menghabiskan kehidupan mereka dengan bergumul untuk melindungi atau mempromosikan ide tunggal mereka.

Keberhasilan datang bagi orang-orang yang memiliki suatu gunung penuh dengan emas yang mereka terus-menerus gali, bukan orang yang menemukan satu gumpal emas dan berusaha untuk hidup berdasarkan emas itu selama lima puluh tahun. Untuk menjadi orang yang dapat menggali banyak emas, Anda perlu terus mengulangi proses cara berpikir yang baik.

Untuk menjadi orang yang dapat menggali banyak Emas, Anda perlu terus mengulangi proses 'Cara berpikir yang baik'

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top