Nov 16, 2017

7+ Cara Menghemat Kuota Data Internet di Android

Posted by on Nov 16, 2017

Siapa di antara sobat blogger yang mempunyai masalah dengan kuota data internet pada android sobat? Saya termasuk diantaranya. Saya memiliki sebuah handphone android yang sudah "jadul" data memori internal saja hanya 2 GB dan ini membuat saya untuk menentukan aplikasi yang ringan dan ngirit, termasuk dalam menghemat kuota data internet juga.

Kebutuhan kuota data internet saya sebulan kurang lebih Rp 50.000,- s.d Rp 100.000,- dan sebulan pemakaian saya hanya kurang lebih 4 GB s.d 7 GB karena saya pakai juga untuk wifi saat lagi melakukan aktivitas ngeblog. Dengan kebutuhan data yang minim tersebut jujur saja sebenarnya sangat kurang untuk menunjang aktivitas online saya, namun ada beberapa trik yang saya lakukan untuk menghemat kuota data internet di android saya.

Anak-anak jaman sekarang paling dalam sebulan bisa menghabiskan 50 GB s.d 100 GB sebulan, saya kurang dari 10GB sangat minim sekali tetapi tetap bisa menunjang aktivitas saya sebagai seorang blogger. Trik yang saya lakukan ini akan saya share kan ke sobat blogger, semoga bisa bermanfaat dan jika sobat memiliki trik yang belum saya tulis boleh menambahi nanti akan saya perbaharui di postingan ini:

Baca juga :  Fitur Baru YouTube yang Perlu Diketahui dan Dicoba

Trik Menghemat Kuota Data Internet di Android

1.  Menghapus Aplikasi yang Memboroskan Kuota Data

Sering kita kehabisan paket data internet di smartphone tanpa kita sadari. Hal ini disebabkan karena aplikasi yang kita pakai adalah aplikasi yang boros internet. Misalkan, dulu saya memakai aplikasi "FB" bawaan dari android, sangat memakan data memori dan tentunya kuota data internet. Lalu ada teman menyarakan untuk memakai aplikasi FB Lite dan saya coba sangat ringan dan tentu saja tidak terlalu boros kuota data internet.

Jika sobat memakai aplikasi FB, untuk menghemat kuota data, pada saat sobat tidak memakai atau berselancar di FB silahkan di logout saja supaya tidak boros kuota datanya. Jadi kita pakai FB saat perlu saja. Tapi jika sobat tidak mau memakai aplikasi FB di Android, sebaiknya hapus saja aplikasinya toh kita bisa buka FB di laptop atau komputer.

2.  Lakukan Update Aplikasi Saat Terhubung Dengan Wi-Fi

Seringkali kita tidak menyadari bahwa setiap ada update aplikasi maka kuota data internet kita juga akan berkurang. Maka dari itu, untuk melakukan update aplikasi di ponsel pintar sobat sebaiknya jika saat terhubung dengan wifi saja.

Hal ini akan membuat sobat lebih irit dalam menggunakan kuota data internet sobat. Untuk mencegah aplikasi melakukan update otomatis, sobat perlu sedikit melakukan pengaturan di ponsel pintar sobat. Caranya sebagai berikut:

Buka Playstore >> Tap menu dengan icon tiga garis >> pilih Settings >> pilih "Auto Update Apps" >> pilih "Auto-update apps over Wi-Fi only"

Dengan melakukan pengaturan seperti ini, ponsel pintar sobat akan melakukan update secara otomatis jika terhubung dengan jaringan Wi-Fi saja. Jadi, jika sobat melakukan penyetingan seperti ini kuota data internet sobat akan jauh lebih irit.

3.  Gunakan Browser yang Irit Kuota Data Saat Berselancar 

Saat kita berselanjar dengan menggunakan ponsel pintar kita, pasti kita akan menggunakan browser. Perlu sobat ketahui juga, tidak semua browser hemat data internet. Bahkan ada beberapa browser yang sangat boros dalam penggunakan data internet, apalagi browser bawaan dari android.

Dalam menghemat penggunaan data internet di ponsel pintar sobat, sebaiknya gunakan browser yang ringan dan tidak boros internet seperti Google Chrome dan Opera Mini, kedua browser ini sudah terbukti sangat bersahabat dengan kita untuk melakukan penghematan data internet. Jika sobat belum memakainya saya sarankan untuk segera memakainya.

4.  Selalu Memanfaatkan Hotspot atau Free Wi-Fi

Sekarang banyak tempat-tempat nongkrong yang free Wi-Fi bahkan di warung "angkringan" aja sudah ada fasilitas free Wi-Fi ini sungguh "gaul" hehehehee... Jika ada fasilitas gratis ini sobat tidak usah segan-segan atau malu untuk bertanya password-nya supaya terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi. Dimanapun tempatnya di kantor, cafe, warung dan lainnya, jika ada hotspot gratis silahkan sobat beranikan diri untuk bertanya passwordnya.

5.  Nonton YouTube saat Terkoneksi dengan Wi-Fi

Jika tidak sangat terpaksa jangan membuka youtube di ponsel pintar kita dengan memakai kuota data internet pribadi. Jika memungkinkan silahkan sobat membuka youtube jika terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi saja atau mendownloadnya terlebih dahulu jika ada jaringan Wi-Fi gratis.

Kita tahu semua, jika membuka youtube sangat menguras atau menghabiskan banyak kuota data internet kita. Apalagi jika kita memiliki anak-anak kecil, pasti mereka minta untuk diputarkan lagu atau video kartun kesukaannya, dan tentunya jika memakai kuota data internet kita pasti akan cepat habis.

Artikel lain  :  Inilah Teknologi yang Cocok untuk Orang Malas

Cara yang gampang untuk menghematnya adalah dengan cara mendownload lagu atau video yang disukai oleh anak kita saat ada jaringan Wi-Fi gratis atau kita pasang jaringan internet yang unlimited di rumah kita. Kuota data internet sebaiknya digunakan saat kita berada diluar atau dalam perjalanan yang tidak ada jaringan hotspot. Jangan sampai saat diperjalanan, kita kehabisan kuota data internet padahal saat itu mau dipakai untuk keperluan yang sangat mendesak.

6.  Gunakan Aplikasi Navigasi dalam Mode Offline

Cara untuk menghemat kuota data internet yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah dengan menggunakan aplikasi navigasi dalam mode offline. Aplikasi maps ini sangat boros sekali dan menguras banyak kuota data internet, maka disarankan untuk memakainya dalam keadaan mode offline.

Terus bagaimana caranya jika kita ingin menggunakan aplikasi maps secara offline:
Buka aplikasi Google Maps >> Tap menu dengan icon tiga garis >> Pilih "Offline Maps" >> Pilih "Select your own map" >> Geser map untuk menentukan area >> Tap Download 

Semua proses tersebut membutuhkan koneksi internet. Namun, ketika sobat sudah melakukan download offlline maps maka sobat bisa menggunakan aplikasi dalam mode offline khusus di area yang sudah sobat download sebelumnya. Jika subat ingin menggunakan navigasi untuk wilayah lain, sobat harus mendownload terlebih dahulu. Tentunya untuk mendownload gunakan hotspot gratis yah.

7.  Pengaturan Pada Aplikasi WhatsApp

Tentunya sobat tidak asing dengan aplikasi satu ini, WhatsApp ya aplikasi ini sangat populer saat ini sudah mengalahkan BBM, sejak di beli Facebook inovasi WhatsApp semakin mutakhir. Kita juga h arus menyadari, dengan menggunakan aplikasi ini kuota data internet yang dipakai juga lumayan banyak. Dalam melakukan penghematan data kuota internet, lalukan pengaturan untuk media yang di kirim lewat WhatsApp tidak di download secara otomatis. Banyak pengguna aplikasi ini tidak menyadari jika kita mengaktifkan untuk terdonload secara otomatis, kuota internet kita juga akan terkuras dengan cepat.

Baca juga  :  Teknologi Canggih yang Trend di Era Digital

Maka dari itu, sobat harus melakukan pengaturan supaya media yang dikiri tidak terdownload secara otomatis. Cara untuk melakukan pengaturannya sebagai berikut:

Buka aplikasi WhatsApp >> Tap menu dengan icon tiga garis >> Pilih Settings >> Pilih Data Usage >> Tap "When using mobile data" >> Pastikan semua kolom tidak tercentang >> lalu klik OK

8.  Batasi Penggunaan Data Pada Setiap Aplikasi

Kita bisa menghemat kuota data internet dengan membatasi penggunaan data pada aplikasi di setiap ponsel pintar sobat. Perlu diketahui tidak semua aplikasi memiliki fasilitas sinkronisasi, tapi ada beberapa aplikasi yang memiliki pengaturan data sendiri.

Dari aplikasi yang memiliki pengaturan sinkronisasi sendiri, kita perlu melakukan pengaturan. Misalnya Google Photo, sobat bisa melakukan sinkronisasi sendiri, masuk ke Settings >> Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan penggunaan data internet.

Kesimpulan:

Dari keterangan tersebut diatas, yaitu cara menghemat kuota data internet di android, sobat bisa melakukan pengaturan mulai dari sekarang. Beberapa cara diatas sudah saya terapkan dan terbukti sangat ampuh untuk menghemat data internet di ponsel saya. Paling sering yang saya lakukan adalah nomor 4, yaitu selalu memanfaatkan jaringan Wi-Fi gratis, saat nongkrong di warung atau di kantor selalu saya pakai hotspot supaya paket data internet tidak boros. Silahkan sobat blogger untuk mencobanya, jika paket internet semakin irit, aktifitas ngeblog tidak terganggu karena kuota selalu tersedia.

Salam Blogger Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top