Nov 20, 2017

Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Posted by on Nov 20, 2017

Salam sehat-bugas untuk sobat blogger semuanya, kali ini saya lagi senang memposting tentang info-info kesehatan, semoga bermanfaat bagi sobat blogger semuanya. Makanan yang banyak mengandung serat tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, apalagi sobat yang memiliki kelebihan berat badan, makanan yang mengandung banyak serat ini sangat bermanfaat sekali untuk membantu sobat dalam menjalani program diet.

Makanan yang mengandung serat tinggi ini sangat bermanfaat dalam membantu melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko penyakit jantung dan mampu membantu dalam program diet.

Manfaat dan Fungsi Makanan Berserat

Beberapa fungsi dan manfaat makanan berserat bagi kesehatan tubuh kita, antara lain adalah sebagai berikut:

Mencegah diabetes; diabetes bisa dicegah dengan cara kita mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Kandungan makanan yang memiliki serat tinggi sangat baik dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh kita, menurunnya kadar gula darah juga mampu mengurangi risiko gejala diabetes.

Menurunkan kolesterol; makanan yang banyak mengandung serat ini sangat bermanfaat untuk mencegah kolesterol jahat masuk ke dalam aliran darah. Kita semua mengetahui, kandungan kolesterol jahat ini yang menyebabkan terjadinya serangan stroke dan serangan jantung.

Kesehatan pencernaan; manfaat yang sangat terkenal untuk makanan yang banyak mengandung serat adalah berfungsi untuk kesehatan pencernaan. Pencernaan yang sehat merupakan awal kesehatan bagi tubuh kita. Sebaliknya, jika pencernaan kita terganggu maka kesehatan tubuh kita juga akan terganggu. Dengan lancarnya saluran pencernaan, tubuh kita juga akan terhindar dari sembelit yang mampu membuat perut buncit.

Mencegah gejala kenker; berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa, menonsumsi makanan yang banyak mengandung serat mampu mencegah penyakit kanker dengan memperlancar pergerakan makanan di saluran pencernaan. Berbagai jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat adalah; kanker ovarium, kanker usus besar, kanker payudara dan kanker rahim.

Jenis-jenis Makanan yang Banyak Mengandung Serat

1.  Buah apel; buah ini memiliki kandungan serat sekitar 4,4 gram serat. Sobat bisa mengonsumsi buah apel ini saat pagi dan malam hari, dan jangan lupa jika mengonsumsi buah apel ini bersama dengan kulitnya, karena kandungan serat yang paling utama berada pada kulitnya.

2.  Buah pir; sama halnya dengan buah apel, buah pir ini juga mengandung banyak serat. Buah pir ini mengandung serat kurang lebih 5,5 gram serat. Mengonsumsi buah pir ini sangat disarankan jika dikonsumsi bersama dengan kulitnya sekaligus.

3.  Buah pisang; buah pisang ini memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, sehingga tidak begitu diminati bagi mereka yang lagi menjalankan program diet. Pisang juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat membantu mengontrol berat badan, maka bagi sobat yang lagi melakukan program diet tidak masalah jika mengonsumsi pisang. Buah pisang juga mengandung kalium yang dapat merupakan kandungan mineral yang penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

4.  Buah pepaya; buah pepaya sangat bagus untuk melancarkan buang air besar, ini disebabkan karena pepaya memiliki kandungan serat dan air yang sangat tinggi. Buah tropis ini sangat baik untuk menu diet dan disamping itu memiliki kandungan nutrisi yang baik.

5.  Buah alpukat; buah ini sangat terkenal dan dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Alpukat memiliki kandungan lemak nabati yang sangat baik, dan bermanfaat bagi kesehatan. Selain mengandung lemak nabati, buah ini juga memiliki kandungan sera yang sangat tinggi, dalam takaran satu gelas alpukat mengandung serat kurang lebih 10 gram serat.

6.  Buah mangga; buah mangga ini merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat dalam membantu melancarkan buang air besar. Kandungan serat yang tinggi dalam buah mangga ini mampu melancarkan saluran pencernaa. Selain itu, buah mangga juga mengandung anti oksidan dan memiliki lebih dari 20 vitamin dan mineral.

7.  Buah sawo; buah sawo adalah buah yang sangat enak dan manis serta memiliki aroma yang khas. Buah ini sangat baik juga dalam membantu melancarkan pencernaan. Buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi, jika sobat mengonsumsi secara rutin, sobat akan terhindar dari sembelit.

8.  Keluarga buah  berry; buah ini merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, mengandung antioksidan, vitamin dan kandungan serat yang tinggi. Manfaat dari buah keluarga berry ini sangat banyak, antara lain adalah menjaga kepadatan tulang, menjaga kesehatan kulit dan mengontrol kadar gula darah.

9.  Brokoli; dalam satu mangkuk brokoli diperkirakan mengandung kurang lebih 5,1 gram serat. Sayuran ini sangat baik dikonsumsi mentah-mentah atau dibuat setengah matang. Jika direbus atau dimasak terlalu matang, kandungan serat akan berkurang. Dalam mengolah sayuran ini, jangna direbus atau dikukus lebih dari 5 menit.

10. Kacang Edamame; dalam semangkuk kacang edamame ini diperkirakan mengandung kurang lebih 5 gram serat. Kacang ini banyak ditemukan atau dijual di supermarket, dan banyak ditemukan di restoran-restoran Jepang.

11. Roti gandum; dalam sepotong roti gandung ini mengandung kurang lebih 2,2 gram serat. Roti ini sangat baik dikonsumsi bagi para pelaku program diet. Roti gandum ini banyak ditemukan di minimarket atau warung yang khusus menjual roti.

12. Oatmeal; makanan ini merupalan makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi oatmeal dapat menganti asupan serat dalam tubuh kita. Selain itu, oatmeal juga merupakan sumber mineral dan energi, selain itu mengonsumsi oatmeal ini mampu melancarkan buang air besar.

13. Kubis; sayuran ini mengandung serat tinggi dan memiliki kandungan antioksidan. Kubis ini bisa dimanfaatkan untuk campuran bakso, sup, soto dan sebagainya. Lebih baik mengonsumsi kubis ini dalam keadaan mentah, jika ingin direbus usahakan jangan lebih dari 5 menit supaya kandungan nutrisi dan bitaminnya masih tetap terjaga.

14. Asparagus; kandungan serat dalam asparagus ini berguna dalam mengurangi kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung. Asparagus juga memiliki kandungan protein dan zat besi yang sangat baik untuk menciptakan sel darah merah.

15. Beras merah; banyak pelaku program diet mengonsumsi beras merah. Beras merah ini mengandung banyak sekali serat, yang berguna untuk membantu meringankan sembelit, dan melancarkan buang air besar. Setiap secangkir beras merah mengandung kurang lebih 3,5 gram serat. Beras merah juga banyak mengandung zat besi, sehingga bagi sobat yang mengalami kekurangna darah baik mengonsumsi beras merah ini.

16. Jagung; makan ini jaman dahulu dimanfaat sebagai makanan pengganti dimasa penjajahan saat terjadi paceklik pangan. Jagung memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan rendah gula, sehingga bagi penderita diabetes ini sangat disarankan untuk mengonsumsi jagung sebagai pengganti nasi.

17.  Kacang kedelai; kacang kedelai ini merukan menu pengganti protein daging merah. Kacang kedelai memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan memiliki kandungan gula yang sangat rendah sehingga bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang kedelai ini.

18. Kacang almond; kacang ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi, dan memiliki kandungan serat yang tinggi serta mampu mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, kacang ini mengandung lemak nabati yang baik sehingga mempu menjaga kadar kolesterol dan kesehatan jantung.

19.  Kentang; kentang memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, kentang tidak memiliki kandungan lemak sama sekali sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol. Selain itu kentang memiliki kandungna vitamin C yang tinggi sekitar 45%, dan untuk ukuran umbi-umbian kadar vitamin ini sangat tinggi. Kentang juga memiliki kadar kalium yang lebih tinggi dari pisang.

20. Okra; sayuran yang berasal dari daerah Afrika ini mungkin masih jarang ditemukan di Indonesia. Sayuran okra ini ternyata sangat banyak kandungan nilai gizinya. Kandungan gizi yang terdapat dalam okra adalah zinc, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, C, K, protein, dan serat.

21. Yogurt Yunani; semua jenis yogurt memiliki kandungan serat yang tinggi, namun untuk jenis yogurt Yunani ini pada umumnya mengandung karbohidrat, gula dan garam lebih sedikit dari pada yogurt pada umumnya. Selain itu, yogurt juga menyudiakan probiotik alami yang mampu menekan pertumbuhan bakteri jahat yang merugikan di usus, sehingga kesehatan pencernaan sobat akan tetap terjaga.

22. Gandum utuh; gandum merupakan makanan pokok di benua Eropa dan Amerika, sama halnya nasi untuk wilayah Asia. Gandum utuh memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, dan kandungan serat yang terdapat di gandum ini akan diserap secara bertahap oleh tubuh, sehingga membuat kita tahan akan rasa lapar.

Kesimpulan

Ternyata makanan yang banyak mengandung serat sangat beragam dan bervariasi. Ada yang murah dan mahal, untuk itu bagi sobat yang mau mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat ini, bisa mulai dari sekarang kita sediakan dalam meja makan rumah kita. Cari makanan yang banyak mengandung serat yang mudah didapatkan disekitar kita, toh tidak semua makanan yang banyak mengandung serat ini mahal.

Dari fungsi makanan yang banyak berserat ini, mulai sekarang setidaknya mulai kita perhatikan. Sediakan setidaknya sehari kita mengonsumsi makanan dan buah yang banyak mengandung serat. Karena makanan ini sangat berguna dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jika sobat blogger terjaga kesehatan tubuhnya, aktivitas sebagai blogger akan terus berjalan.

 
YouTube : Ayo Hidup Sehat


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2017 herusantosa[dot]com All Rights Reserved
back to top