8 Media Sosial Untuk Bisnis Online

Era digital saat ini membuat semuanya menjadi serba mudah dan praktis. Di era ini kita tidak bisa lepas dari kemajuan-kemajuan teknologi yang tercipta untuk menunjang kehidupan.

Era digital banyak tercipta teknologi yang serba canggih, salah satunya adalah bentuk media sosial yang serba woowww... Kita bisa mencari dan menemukan kawan lama kita lewat media sosial yang tercipta.

Namun, lebih dari itu dengan adanya media sosial ini ternyata bisa menciptakan sebuah peluang bisnis. Banyak pebisnis sekarang menawarkan produk mereka lewat media sosial dan diluar dugaan mereka ternyata dengan sarana media sosial ini omset mereka bisa naik 2x lipat dari sebelumnya.

Mau tau media sosial apa yang sering dipakai oleh para pebisnis online di era digital saat ini:

Inilah 8 Media Sosial Untuk Bisnis Online:

1.  Fanspage Facebook

Saya yakin sebagian besar dari kita pasti memiliki akun Facebook. Perusahaan ini merupakan perusahaan database terbesar di jagat raya saat ini. Hampir seperempat penduduk bumi memiliki akun Facebook.

Perlu kita ketahui, Facebook menyediakan fasilitas FansPage yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis online.

Berdasarkan riset, sebesar 75% pembeli online adalah pelanggan dari fanspage sedangkan 25% adalah pembeli dari akun Facebook biasa.

Ini menunjukkan bahwa akun Fanspage Facebook mampu mendongkrak jualan online kita. Jadi sobat yang mau membuat bisnis online bisa memulai dari akun Fanspage Facebook. Sobat bisa lihat contoh fanspage berikut ini: www.facebook.com/nushabatik 

2.  Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial yang lebih berfokus pada penampilan foto atau gambar. Tampilan ini bisa dimanfaatkan untuk tempat memajang produk bisnis kita.

Inilah bentuk tampilan pada sebuah akun Instagram dari jualan batik dengan nama toko NushaBatik. Inilah manfaat dari Instagram untuk imanfaakan sebagai jualan online yang mengutamakan bentuk tampilan foto. Dengan Instagram inilah kita bisa manfaatkan untuk memajang tampilan produk kita dan menuliskan note tentang produk yang kita jual.

3. Twitter

Twitter adalah salah satu dari sekian banyak media sosial yang ada di era digital saat ini. Berdasarkan survei 54% pengguna Twitter mengambil tindakan setelah melihat sebuah produk atau merek tertentu yang di mention dalam sebuah tweet.

Dai 54% pengguna yang mengambil tindakan tersebut bukan berarti mereka membeli produk tetapi 23% dari mereka mengecek lapak atau produk mereka di website resminya. 20%-nya mereka mencari merek atau produk tersebut sercara online. Sisanya mereka mempertimbangkan untuk melakukan tindakan pembelian.

Dari data tersebut bisa dikatakan bahwa Twitter adalah salah satu media sosial dengan pendekatan soft telling dan mengekspos testimoni pada produk Anda.

4.  LinkedIn

Pada sebuah data statistik mengatakan 80% prospek Business to Business (B2B) dihasilkan dari LinkedIn.

LinkedId merupakan media sosial para profesional dan asset networking serta penjualan. Media Sosial seperti LinkedId ini akan berprosepek jika bisnis online Anda B2B.

5.  Line@

Media sosial satu ini menyediakan fitur bisnis disamping fitur akun personal. Jika Anda menggunakan akun LINE personal Anda hanya dikhususnya untuk fitur personal chat saja dan ini sangat terbatas. Berbeda dengan akun FINE@ yang memang dikhususkan untuk akun bisnis.

Berikut alasan kenapa LINE@ sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin berbisnis online.



Perbandingan fitur LINE@ dengan beberapa Media Sosial (sumber: jarhie.com)

Untuk menggunakan fitur LINE@ Anda cukup mendownloadnya gratis di Play Store atau App Store. Anda bisa login dengan menggunakan akun LINE personal Anda.

6.  Pinterest

Pinterest merupakan surga bagi pebisnis ritail. Karena media sosial ini menjadi tempat yang pas untuk berbagi informasi produk yang ingin dibeli.

Sekitar 87% pengguna Pinterest mengakui bahwa media sosial ini telah membantu mereka untuk menemukan produk atau merek yang diinginkan.

Pinterest bukan media sosial yang menampilkan interaksi antara pembeli dan penjual, namun akan menjadi efektif jika digunakan untuk berjualan dengan gaya soft telling. Pinterest merupakan media sosial yang menampilkan showcase penjualan, dengan Pinterest ini Anda seperti berjualan dengan memajang produk seperti pada sebuah etalase kaca, menarik bukan.

7.   Snapchat

Siapa yan tidak suka dengan diskon atau potongan harga. Peminat terbesar diskon atau potongan harga ini adalah mahasiswa. Berdasarkan data statistik di Snapchat, kurang lebih 58% Mahasiswa cenderung membeli sebuah merek produk tertentu dengan memanfaatkan diskon di snapchat.

Rupanya pengguna terbesar media sosial ini adalah mahasiswa dan pelajar. Mereka lebih cenderung mencari sebuah produk dengan kualitas yang sama namun dengan harga yang sangat terjangkau.

8.  Google+

Salah satu produk media sosial raksasa internet Google adalah Google+ atau sering dikenal dengan sebutan G+ ini. Mungkin sebagian besar dari kita tidak terlalu familiar dengan G+ ini, namun perlu kita ketahui bahwa lebih dari 60% pengguna akun G+ ini dipergunakan untuk keperluan bisnis online.

So...bagi para pebisnis online sangat disarankan untuk menggunakan juga akun G+ untuk mendongkrak omset jualan.

Berdasarkan beberapa komentar para pemakai G+ ini, pengguna akun media sosial ini lebih banyak meluangkan waktunya dihalaman situs dan langsung berinteraksi dengan brand atau merek yang mereka inginkan.

Google+ juga sangat populer untuk gaya penjualan B2B dan G+ menjadi daya tarik para pebisnis online untuk meningkatkan pendapatannya.

KESIMPULAN

Dari banyaknya media sosial yang ada untuk menunjang keperluan bisnis online kita sebaiknya kita manfaatkan secara bijaksana. Mau pilih jenis media sosial seperti apa yang cocok untuk bisnis Anda, silahkan Anda sesuaikan dengan jenis produk yang kita promosikan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Media Sosial Untuk Bisnis Online"

Post a Comment